STATIKA https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika <p><strong>Statika</strong> adalah jurnal&nbsp; teknik Sipil, dengan Nomor <strong>ISSN&nbsp;2541-027X (Media Cetak) </strong>dan<strong>&nbsp;ISSN 2774-9509&nbsp; (Media Online) </strong><em>&nbsp;</em>terbit dalam setahun dua kali yaitu bulan April dan September.&nbsp; &nbsp;<span class="Y2IQFc" lang="id">Artikel dapat berupa hasil penelitian, pemikiran ilmiah, atau studi kasus dengan ruang lingkup r</span>ekayasa struktur, pengembangan sumber daya air, rekayasa transportasi, geoteknik dan manajemen rekayasa konstruksi.&nbsp;<span class="Y2IQFc" lang="id">Penulis dapat menulis artikel dengan template dan mengirimkan artikel secara online dengan menggunakan sistem OJS. Segala hal yang berkaitan dengan penggunaan <em>software</em>, kutipan dan izin hak cipta yang dibuat oleh penulis artikel, dan konsekuensi hukum yang ditimbulkannya, sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis artikel.</span></p> en-US rektorat_ugn85@gmail.com (-) fteknikugn@gmail.com (Afniria Pakpahan ST., M.Sc) Sat, 30 Dec 2023 22:47:27 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISA KEMACETAN JALAN SUDIRMAN SIMPANG TIGA SADABUAN PADANGSIDEMPUAN https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1285 <p><em>Arus lalu-lintas pada simpang tiga jalan sudirman sadabuan, sering mengalami konflik yang berujung pada terjadinya kemacetan. Persimpangan ini berada pada daerah pertokoan, perkantoran, pemukiman dan salah satu akses utama menuju komplek sekolah dengan hambatan samping sedang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemacetan simpang yang terjadi terhadap arus lalu lintas. Pengambilan data arus kendaraan dilaksanakan selama 7 hari pada pukul 06.30 wib sampai 18.30 wib, yaitu pada tanggal 7 November 2022 sampai dengan Minggu 13 November 2022. Data yang diambil adalah jumlah arus kendaraan, lebar jalan, dan jumlah penduduk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan MKJI (2017). Hasil analisis menunjukan bahwa kondisi simpang tiga jalan sudirman sadabuan saat ini memiliki kapasitas, (C) sebesar 2421.91 skr/jam, derajat kejenuhan (Dj) sebesar 0,66 skr/jam, dan tundaan (T) sebesar 11,74 det/skr serta rentang nilai peluang antrian QP (%) sebesar 18% - 37%. Sehingga simpang simpang tiga jalan sudirman sadabuan perlu adanya perbaikan dan peninjauan kembali.</em></p> Nurazizah Siregar, Ahmad Rafii, Wirna Arifitriana Copyright (c) 2023 STATIKA https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1285 Thu, 28 Dec 2023 23:49:14 +0000 ANALISA KUAT TEKAN BETON DENGAN MENGGUNAKAN LIMBAH KERAMIK DAN BATA MERAH https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1276 <p>Limbah keramik maupun bata merupakan salah satu limbah yang dihasilkan dari perenofasian rumah tinggal maupun gedung di Kota gipsmu yang terbuang sia-sia. Untuk mengetahui besar nilai kuat tekan beton dan pengaruh menggunakan campuran limbah bata merah dan keramik dengan variasi 5% bata merah dan 5% keramik dibandingkan dengan beton normal pada umur 7, 14 dan 28 hari. Untuk mengetahui besar nilai kuat tekan beton dan pengaruh menggunakan campuran limbah bata merah dan keramik dengan variasi 5% bata merah dan 10% keramik dibandingkan dengan beton normal pada umur 7, 14 dan 28 hari.. Data data yang diperlukan dalam hasil penelitian dengan judul “Analisa Kuat Tekan Beton Dengan Menggunakan Campuran Limbah Keramik Dan Bata Merah” terbagi menjadi dua, yaitu: data primer dan data sekunder. Untuk sampel beton normal pada umur 7,14 dan 28 hari di dapat hasil nilai kuat tekan beton sebesar 10,12 N/mm², 13,24 N/mm²&nbsp; dan 17,98 N/mm². Untuk sampel beton variasi 5% bata merah dan 5% keramik pada umur 7,14 dan 28 hari di dapat nilai kuat tekan beton sebesar&nbsp; 9,98 N/mm², 13,02 N/mm² dan 16,91 N/mm². Untuk sampel beton variasi 5% bata merah dan 10% keramik pada umur 7,14 dan 28 hari di dapat nilai kuat tekan beton sebesar&nbsp; 9,34 N/mm², 12,6 N/mm² dan 15,99 N/mm². Pada Penelitian ini menunjukkan bahwa kuat tekan beton menurun dari penambah volume keramik, di karenakan permukaan keramik tidak bisa mengikat dengan sempurna. Paling tinggi 16,91 N/mm² dengan campuran 5% batu bata dan&nbsp; 5% keramik pada umur beton 28 hari, di mana besar kuat tekan sudah mendekati dengan beton normal rencana yaitu antara fc’ 18 MPa K225</p> Daulay Muhammad Putra Ramadhan Daulay, Suryanti Suraja Pulungan, Fithriyah Patriotika Copyright (c) 2023 STATIKA https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1276 Fri, 29 Dec 2023 00:17:36 +0000 Analisa Kebutuhan Ruang Parkir Kendaraan di Pasar Desa Ingul Jae Kecamatan Tano Tombangan Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1265 <p><em>Pasar Desa Ingul Jae Tano Tombangan Angkola merupakan pasar</em> s<em>atu kali seminggu, pasar ini mempunyai ruang parkir yang terpakainya oleh pedagang kaki lima sehingga lahan parkir digunakan dibadan jalan, dengan mengakibatkan sempitnya jalan dan mengakibatkan kemacetan saat pengendara yang lain lewat dari pasar ini karena jalan digunakan sebagai tempat parkir. Dipasar Desa Ingul Jae ini para penjual ada yang menggunakan kendaraannya sebagai tempat barang jualannya seperti mobil di pinggir jalan sehingga susah masuk ke dalam pasar tersebut. dan data yang diperlukan meliputi data sekunder dan primer. Data primer data yang bersumber dari survei lapanggan atau pengamatan dan langsung, meliputi: data plat nomor kendaraan, kondisi/situasi parkir, lamanya kendaraan parkir, data jumlah kendaraan, peta situasi parkir dan luas ruang parkir. Survei dilakukan pada </em>6<em> interval waktu, jam </em>07:00-08:00, 08:00-09:00, 09:00-10:00, 10:00-11:00, 11:00-12:00, 12:00-13:00 WIB<em> dalam jangka waktu 3 minggu 1 kali 1 minggu yaitu, Kamis </em>29<em> September </em>2022<em>, Kamis </em>06<em> Oktober </em>2022<em> dan Kamis </em>13<em> Oktober</em> 2022<em> Hasil kajian menjelaskan bahwa, selama penelitian total volume parkir kendaran di Pasar Desa Ingul Jae Tano Tombangan Angkola menunjukkan puncak kendaraan mobil parkir terjadi pada hari Kamis 06 Oktober 2022 dengan jumlah </em>22<em> kendaraan dan pucak kendaraan sepeda motor pada hari Kamis </em>13<em> Oktober </em>2022<em>. Berdasarkan survei di lapangan, alternatif pada pola parkir yang dipakai untuk mobil dan sepeda motor menggunakan pola parkir 90°</em>.</p> <p>&nbsp;</p> Dermawan Simanjuntak, Ahmad Rafii, Rizky Febriani Pohan Copyright (c) 2023 STATIKA https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1265 Fri, 29 Dec 2023 23:53:48 +0000 analisa kemacetan ruas jalan pada jalan M.Thamrin Padangsidimpuan https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1255 <p>Kinerja suatu jaringan jalan sangat mempengaruhi perkembangan suatu kota. Ketika jaringan jalan memliki suatu kinerja jaringan jalan baik, banyak keuntungan yang didapatakan masyarakat. Keuntungan tersebut yang ada pada akhirnya mengingatkan penghasilan dan pendapatan daerah. Dengan lancarnya aktivitas pergerakan orang dan barang, maka secara langsung pendapatan ekonomi masyarakat meningkat. Permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti pada jalan M. Thamrin&nbsp;ini terdapat adanya pedagang kaki lima (Pajak Sagumpal Bonang), angkutan umum seperti becak yang akan mempengaruhi kemacetan di jalan M. Thamrin Lokasi. Adapun maksud dari lokasi dan waktu penelitian adalah tempat dimana penelitian dan waktu yang dibutuhkan selama penelitian ini dilaksanakan Lokasi penelitian yang dimaksud disini adalah tempat dimana penelitian ini dilaksanakan dari mulai survei awal hingga tahapan pengambilan data yang diperlukan. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di Jalan M. Thamrin&nbsp;Padangsidimpuan. Pengumpulan data merupakan sarana pokok untuk menemukan penyelesaian suatu masalah. Data yang dibutuhkan dalam penyusunan studi ini berupa data-data pendukung analisis. Data yang didapat adalah data primer dan sekunder. Puncak arus lalu lintasyang melewati jalan M. Thamrin&nbsp;terjadi pada hari minggu saat hari libur sebesar 259 smp/jam dengan nilai DS 1.3 smp/jam, Nilai Kapasitas di Jalan M.Thamrin Padangsidimpuan sebesar 1.155 smp/jam. Yang menjadi faktor kemacetan adalah penyempitan badan jalan yang disebabkan adanya aktivitas PKL dan Parkir. Solusi untuk mengatasi kemacetan tersebut langkah yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat setempat antara lain: Melakukan penertiban PKL dan Parkir dari pihak berwenang Menyediakan fasilitas parkir yang tidak jauh dari kawasan pasar. Melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan untuk lebih mengetahui rambu-rambu lalulintas.</p> anggi ayu lestari, Ahmad Rafii, Nurhasana Siregar Copyright (c) 2023 STATIKA https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1255 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SILICA GEL TERHADAP KUAT TEKAN BETON https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1339 <p>Beton merupakan material yang paling banyak digunakan di dunia dalam bangunan konstruksi. Beton adalah campuran yang terdiri dari agregat halus, agregat kasar, semen dan air serta dapat juga ditambah bahan tambahan yang lain dengan pembandingan tertentu, beton juga memiliki keistimewaan, antara lain mampu menahan daya tekan dan lemah terdap tarik. Dalam pembangunan gedung, jembatan, jalan, perlu dibutuhkan beton dengan kekuatan tinggi dan beton bermutu tinggi. Peningkatan mutu beton dapat dilakukan dengan memberikan bahan campuran diantaranya adalah <em>silica gel. Silica gel</em> adalah butiran seperti kaca dengan berbentuk yang sangat berpori. Walaupun namanya <em>silica gel</em> namun bentuknya padat. <em>Silica gel</em> merupakan mineral alami yang dimurnikan dan diolah salah satu bentuk butiran atau manik-manik. <em>Silica gel</em> memiliki kemampuan menyerap yang sangat besar terhadap molekul-molekul air. Sifat ini menjadikan <em>silica gel</em> dimanfaatkan sebagai bahan atau zat penyerap, pengering dan penompang katalis, Rongga yang kosong diantara partikel semen akan diisi oleh <em>silica gel</em> sehingga berfungsi sebagai bahan penguat beton dan meningkatkan daya tahan.Persentase penambahan <em>silica gel</em> pada campuran adukan beton normal, beton variasi 5%, 10%, 15%, terhadap berat semen yang digunakan.Benda uji yang digunakan adalah benda uji silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm dengan jumlah 24 buah, dimana setiap variasi memiliki sampel 6 buah.Mutu beton yang digunakan adalah K-225. Pengujian kuat tekan beton&nbsp; dilakukan pada umur 14 dan 28 hari pengujian dilakukan hari Rabu 28 September 2022 di laboratorium Fakultas Teknik Kampus II Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan Jalan Willem Iskandar. Dari pengujian yang dilakukan terhadap campuran beton normal dipatkan kuat tekan fc<sup>’</sup> rata-rata pada umur 14 hari yaitu sebesar 9,13 MPa, dan umur 28 hari sebesar 12,85 MPa, sedangkan variasi 5% dipatkan kuat tekan fc<sup>’</sup> rata-rata pada umur 14 hari yaitu sebesar 13,45 MPa, dan umur 28 hari sebesar 15,42 MPa, dan variasi 10%&nbsp; pada umur 14 hari yaitu sebesara 10,97 MPa, dan umur 28 hari sebesar 12,67 MPa, di variasi 15%&nbsp; umur 14 hari yaitu sebesara 7,43 MPa, dan umur 28 hari sebesar 12,31 MPa.</p> risal pausi risal, Sahrul Harahap, Rizky Febriani Pohan Copyright (c) 2023 STATIKA https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/1339 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000