ANALISA PEMANFAATAN LIMBAH STYROFOAM PADA CAMPURAN BETON DITINJAU TERHADAP KEKUATAN DAN BIAYA DIBANDINGKAN DENGAN BETON NORMAL

  • Dermilasari Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Mhd Rahman Rambe Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Nurkhasanah Rina Puspita Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Kuat Tekan Beton, Styrofoam, Biaya

Abstract

Styrofoam merupakan limbah dari pemakaian aktifitas manusia, dapat dijadikan sebagai bahan alternative bahan campuran beton. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (pengujian), bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kuat tekan beton akibat penambahan styrofoam sebanyak 5% dan 10% sebagai penggati pasir terhadap beton normal dan untuk mengetahui perbandingan harga bahan material beton normal dan beton campuran styrofoam.hasil penelitian menunjukkan penurunan nilai kuat tekan beton kubus yang menggunakan limbah styrofoam dari nilai kuat tekan beton normal yang menjadi pembandingnya. Kuat tekan rata-rata beton pada umur 14 dan 28 hari dengan menggunakan limbah styrofoam 5%  secara berturut-turut sebesar 8,16 MPa dan 8,28 MPa. Kuat tekan rata-rata beton pada umur 14 dan 28 hari dengan menggunakan limbah styrofoam 10%  secara berturut-turut sebesar 7,07 MPa dan 9,11 MPa. Kuat tekan rata-rata beton normal pada umur 14 dan 28 hari secara berturut-turut sebesar 8,89 MPa dan 9,39 MPa. Untuk perbandingan harga bahan material beton normal dan beton campuran styrofoam 5%, dan 10%/ 6 sampel secara berturut-turut adalah Rp   22.338,28, Rp   22.134,88 dan  Rp   21.931,48. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil kuat tekan beton mengalami penurunan. Untuk biaya styrofoam tidak terlalu berpengaruh untuk harga satuan dikarenakan penggunaannya dalam skala kecil.

References

Anggoro, W., 2014, Karakteristik Batako Ringan Dengan Campuran Limbah Styrofoam Ditinjau Dari Densitas, Kuat Tekan dan Daya Serap Air, Skripsi, Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang.
Anonim, 2004, Semen portland komposit, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.
Anonim, 2011, Cara Uji Kuat Tekan Beton Dengan Benda Uji Silinder, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.
Anonim, 2016, Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.
George dan Arthur, 1993, Perencanaan Struktur Beton Bertulang, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
Mulyono, T., 2004, Teknologi Beton, Penerbit Andi. Yogyakarta.
Nugraha dan Antoni, 2007, Teknologi Beton, Cv. Andi Offset, Yogyakarta.
Syaifuddin, 2018, Pembuatan dan Pengujian Kuat Tekan Batako Dengan Penambahan Limbah Tulang Ikan, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Alauddin. Makassar.
Tjokrodimuljo, K., 2007, Teknologi Beton, Cv. Andi Offset, Yogyakarta.
Published
2022-10-30