ANALISA PENGGUNAAN PASIR PANTAI NATAL DENGAN CAMPURAN CANGKANG BUAH SAWIT TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL

  • Heprianto Sianturi Universitas Graha Nusantara
  • Mhd.Rahman Rambe
  • fithriyah patriotika
Keywords: beton, kuat tekan, cangkang buah sawit, pasir pantai

Abstract

Penggunaan cangkang sawit sebagai substitusi pada pasir dalam pembuatan beton diharapkan mampu mengurangi cangkang buah sawit yang dihasilkan oleh perkebunan sawit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tekan beton pasir pantai Natal sebagai agregat halus dengan menambah sebagian campuran cangkang kelapa sawit sebagai pengganti agregat kasar sedangkan sebagai pembanding adalah beton normal..  Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (pengujian). Dari hasil penelitian yang dilakukan  menunjukkan penurunan nilai kuat tekan beton yang menggunakan pasir pantai Natal dengan campuran cangkang buah sawit dari nilai kuat tekan beton normal yang menjadi pembandingnya. Kuat tekan rata-rata beton pada umur 7, 14, 28 hari dengan menggunakan pasir pantai dengan campuran cangkang buah sawit secara berturut turut sebesar 2,97 MPa, 4,87 MPa, 6,66 MPa. Kuat tekan rata-rata beton normal pada umur 7, 14, 28 hari secara berturut turut sebesar 9,20 MPa, 7,56 MPa, 12,14 MPa untuk beton berbentuk silinder. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapati hasil penurunan mutu beton maka untuk beton yang menggunakan pasir pantai dengan campuran cangkang buah sawit agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang kegunaan cangkang buah sawit tersebut dan mempertimbangkan resiko penurunan nilai kuat tekan beton yang direncanakan.

References

Antoni dan Nugraha, P, 2007.Teknologi Beton, C.V Andi Offset, Yogyakarta.
Arabiah, 2021, Efek Pemakaian Pasir Laut Sebagai Agregat Halus Pada Campuran Aspal Panas (AC-BC) Dengan Pengujian Marshal, Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram.
Arthur H. Nilson, George Winter,1993, Perencanaan Struktur Beton
Bertulang, PT. Pradaya Paramita, Jakarta.
Habibi, 2018, Pengaruh Penggunaan Abu Terbang (Fly Ash) Sebagai Pengganti Semen Pada Pembuatan Paving Block,Skripsi.Teknik Sipil Universitas Graha Nusantara. Padangsidimpuan.
Kardiyono, 1989, Pelaksanaan dan Perawatan Beton, Surya Cipta Lestari, Bandung.
Manalu, D,F.,2016, Pengaruh Penggunaan Pasir Pantai Yang Diberi Perlakuan Dan Subtitusi Cangkang Buah Sawit Terhadap Kuat Tekan Mortar, Skripsi, Universitas Bangka Belitung.
Mukhlis, Adibroto, F, Pemanfaatan Cangkang Sawit Sebagai Subtitusi Agregat Kasar Pada Beton Perkerasan Kaku Untuk Jalan Lalu Lintas Rendah, Skripsi, Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang
Mulyono, T., 2004, Teknologi Beton. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Santriani, 2019, Studi Pengaruh Penambahan Limbah Cangkang Sawit Terhadap Kuat Tekan Beton, Skripsi. Teknik Sipil Politeknik Pekanbaru. Riau.
SNI-2847-2013, Persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung.
SNI 03-2834-2000, Tata Cara Pembuatan Beton Normal.
Tjokrodimuljo, 1996, Struktur Beton Bertulang II, Jakarta.
Tjokrodimuljo, Kardiyono, 2007. TeknologiBeton. Yogyakarta: Biro Penerbit.
Published
2022-10-30