ANALISA DAN PERENCANAAN RUANG PARKIR DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA PADANGSIDIMPUAN

  • Ali Imron Universitas Graha Nusantara
  • Ahmad Rafii Universitas Graha Nusantara
  • Afniria Pakpahan Universitas Graha Nusantara
Keywords: ruang parkir, kaakteristik parkir, fasilitas parkir

Abstract

Lahan parkir di Fakultas Teknik telah tersedia namun belum difungsikan secara optimal, masih ada beberapa mahasiswa dan dosen yang memarkir kendaraannya tidak pada tempatnya dan terkesan belum tertata dengan baik sehingga dari segi kenyamanan tempat parkir belum terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk perencanaan ruang dan fasilitas parkir di Fakultas Teknik dandijadikansebagai usulan kepada Yayasan Dharma Bakti Pendidikan Indonesia agar lebih baik menata ruang atau area parkir di Fakultas Teknik. Untuk merencanakan lahan dan fasilitas parkir harus diketahui karakteristik parkir terlebih dahulu diperlukan data primer. Data primer diperoleh dengan pengamatan langsung dilapangan meliputi: Durasi parkir, voleme parkir, akumulasi parkir, indeks parkir dan pergantian parkir (turn over). Berdasarkan analisis ditemukan nilai akumulasi maksimal terjadi pada hari Senin, 07 desember 2020 sebesar 66, volume maksimal sebesar 125 sepeda motor, turn over maksimal sebesar 2,27 kendaraan/SRP sepeda motor dan indeks parkir maksimal sebesar 120 % sepeda motor. Hasil perhitungan yang di asumsi 65 % mahasiswa menggunakan kendaraan sepeda motor mendapatkan luas lahan yang dibutuhkan direncanakan sebesar 476  sedangkan untuk lahan parkir sepeda motor dosen sebesar 5 dan mobil sebesar 58  setelah dilakukan perhitungan hasil survei didapatkan jumlah lahan yang ada 534,90  dan lahan yang lebih sebesar 59,28 .

References

Anonim. 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Jakarta.
Anonim. 1994. Keputusan Menteri No 4 Tahun 1994 Tentang, Tata Cara Parkir Kendaraan Bermotor Di Jalan, Menteri Perhubungan.
Anonim. 1998. Pedoman Perencanaan Dan Pengoprasian Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
Abubakar, Iskandar. 1998, Sistem Transportasi Kota, Direktorat Bina Sistem Lalu
Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta.
Gustiaji, Laedo. 2016. Studi Optimalisasi Perparkiran Dan Pedestrian Di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia Dan Teknik Geofisika Universitas Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Lampung
Hobbs, F.D., 1979. Traffic Planning and Engineering, Second Edition, edisi Indonesia, 1995, Terjemahan Suprapto T.M. Dan Waldijono, Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas, Edisi Kedua, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Kusumawati, Ira. 2015. Studi Optimalisasi Perparkiran Di Fakultas Pertanian (FP) Dan Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Lampung
Joko Murwono .1996, Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi, Penerbit
UGM, Yogyakarta
Rachman, F.(2011). Analisis Kapasitas Ruang Parkir Sepeda Motor Kawasan FIP, FIS, FE, Dan FH Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Tamin, Ofyar Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan Dan Rekayasa Transportasi. Penerbit ITB. Bandung
Tri pambudi, H.(2018). Evaluasi Kapasitas Parkir Universitas Negeri Lampung Berdasarkan Kebutuhan Satuan Ruang Parkir (SRP). Univeritas Negeri lampung.
Putra, Rolan A. 2015. Studi Optimalisasi Perparkiran Di Fakultas Kedokteran (FK) Dan Fakultas Matematika Dan Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Lampung. Skripsi. Universitas Negeri Lampung. Lampung
Pignataro,L.J.1973,Traffic Engineering: Theori and practice, prantice Hall Int., Englewood Cliffs, N.j.
Yuda, Maulana R. 2015. Studi Optimalisasi Fasilitas Parkir Di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UniversitasLampung. Skripsi. Universitas Lampung. Lampung
Published
2022-04-30