ANALISA PERBANDINGAN NILAI HARGA SATUAN PEKERJAAN (AHSP) DENGAN NILAI HARGA STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN GEDUNG / RUANG BARU PUSKESMAS PADANGMATINGGIKOTA PADANGSIDIMPUAN

  • Habibi Khairul Anwar Siregar Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Sahrul Harahap Universiyas Graha Nusantara
  • Nurkhasanah Rina Puspita Universitas Graha Nusantara
Keywords: RAB, Volume pekerjaan, AHSP, Harga satuan bahan

Abstract

 

Dimasa kini banyak terdapat pekerjaan pembangunan gedung berbagai tipe dan ukuran, begitu juga tidak terlepas dari rencana anggaran biaya yang bervariasi untuk setiap bangunan yang direncankan. Tugas akhir perbandingan ini bertujuan untuk mendapatkan selisih hasil perbandingan nilai pada pekerjaan pembangunan gedung / ruang baru puskesmas padangmatinggi kota Padangsidimpuan, dengan menggunakan metode analisa AHSP dan SNI. Penelitian ini pelaksanaannya diawali dengan mengumpulkan data kualitatif mengambil data dengan carasurvey lapangan, perhitungan, serta mengumpulkan data terkait, kemudian mengumpulkan data dengan cara kuantitatif yaitu mencari sumber data berupa tulisan dan jurnal terkait, setelah data dikumpulkan selanjutnya data diolah dengan cara menghitung volume pekerjaan, selanjutnya dilakukan analisa pada setiap harga dan item pekerjaan. Hasil yang diperoleh dari Tugas Akhir ini ialah selisih rencana anggaranbiaya dengan metode AHSP  lebih rendah sebesar Rp.2.700.000.000,00 (Dua Miliar Tujuh ratus juta rupiah) dari rencana anggaran biaya SNI Rp. 2.725.804.000.00 (Dua Miliar Tujuh ratus dua puluh lima juta delapan ratus empat ribu rupiah), dengan persentase selisih 0.96%.

References

Gunardja, J., Candra, L. N. and Limanto, S. (2013) ‘Antara SNI , HSPK Kota Surabaya , Dan Kontraktor’, pp. 189–196.hidayah, S. nur (2019) ‘Tugas akhir’. doi: 10.31227/osf.io/n4f68.
Indonesia, S. N. and Nasional, B. S. (2008) ‘Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan tanah untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan.
Juansyah, Y., Oktarina, D. and Zulfiqar, M. (2017) ‘Analisis perbandingan Rencana Anggaran Biaya bangunan menggunakan metode SNI dan BOW (Studi kasus: Rencana Anggaran Biaya bangunan gedung Kwarda Pramuka Lampung)’, Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Malahayati, 1(1), pp.
Kementrian PUPR (2013) ‘Analisa Pengaruh Biaya Penanganan Jalan Terhadap Nilai Kemantapan Jalan Pada Studi Kasus Di Kabupaten Gresik’
Published
2022-04-30