EVALUASI TARIF ANGKUTAN UMUM PENUMPANG BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (Studi Kasus Angkutan Kota Lin 02 Pijorkoling – Kota)

  • Saida Afriani Siregar Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Ahmad Rafii
  • Afniria Pakpahan
Keywords: Angkutan, Biaya Operasional Kendaraan, tarif

Abstract

Angkutan kota Lin 02 Pijorkoling – Kota adalah salah satu angkutan umum yang dioperasikan di kota Padangsidimpuan. Beragamnya golongan masyarakat yang menggunakan angkutan ini menjadi salah satu faktor untuk melihat apakah tarif yang dibayar oleh pengguna sudah sesuai dengan kemampuan serta kemauan mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pengguna angkutan kota Lin 02 Pijorkoling – Kota, tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, tarif  berdasarkan Ability To Pay (ATP), tarif berdasarkan Willingness To Pay (WTP), serta kelayakan tarif angkutan kota Lin 02 Pijorkoling – Kota yang berlaku berdasarkan ATP dan WTP, penelitian ini menggunakan data berupa kuisioner penumpang melaui survey di dalam angkutan kota tersebut sepanjang rute. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas penumpang angkutan kota Lin 02 Pijorkoling – Kota adalah perempuan, jenis profesi terbanyak adalah pelajar, mayoritas tujuan perjalanan untuk sekolah, pendapatan terbanyak berkisar pada Rp500.000 – Rp1.000.000. Diketahui juga nilai tarif berdasarkan BOK sebesar Rp1.410. Nilai tarif  ATP sebesar  Rp3.175 untuk umum dan Rp2544 untuk pelajar. Nilai tarif WTP sebesar Rp3.733 untuk umum dan Rp3.328 untuk pelajar.Tarif yang berlaku saat ini lebih besar daripada tarif berdasarkan ATP dan WTP.Dengan demikian  perlu ada kajian ulang penerapan tarif di lapangan agar sesuai dengan kemampuan dan kemauan para pengguna angkutan kota Lin 02 Pijorkoling – Kota.

References

Abadi, K. (2016). Evaluasi Operasional Angkutan Umum Penumpang Trayek L1 Kota Banyuwangi. Jurnal Media Teknik Sipil, 14 (2), 182.
Frans, J. H., et.al., (2016). “Kajian Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Baya Operasional Kendaraan, Ability To Pay Dan Willingness To Pay”.
Maharannisa Widi Lestari (2016). “Analisis Kelayakan Tarif Ditinjau Dari Ability To Pay Dan Willingness To Pay”.
Nadra Arsyad & Meri Sufia (2020), “Evaluasi tarif Angkutan Umum (ANGKOT) Kota Pariaman Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan”, Vol 3 No.1 januari 2020.
Peraturan Mentri Perhubungan No. KM. 89 Tahun 2002, Mekanisme Penerapan Tarif Dan Formula Perhitungan Biaya Pokok Angkutan Penumpang Dengan Mobil Bus Umum Antar Kota Kelas Ekonomi.
Taty Yuniarti (2009). Analisis Tarif angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009).
Published
2022-04-30