ANALISIS DAMPAK HAMBATAN SAMPING PADA JALANSISINGAMANGARAJA KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN SELATANKOTA PADANGSIDIMPUAN

  • Masliana Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Ahmad Rafii Universitas Graha Nusantara
  • Nurkhasanah Rina Puspita Universitas Graha Nusantara
Keywords: Hambatan samping, kecepatan arus bebas, pelayanan jalan

Abstract

Jalan Sisingamangarajakecamatan Padangsidimpuan Selatan kota Padangsidimpuan merupakan salah satu ruas jalan yang padat dilalui jeniskendaraan.Pada ruas jalan ini terdapat pertokoan dan perkantoran yaitu Polres Tapsel Padangsidimpuan. Tingkat hambatan samping pada ruas jalan ini sangat berpengaruh pada kelancaran transportasi jalan tersebut karena merupakan salah satu jalan nasional di kota Padangsidimpuan.Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung di lokasi penelitian jalan Sisingamangaraja kecamatan Padangsidimpuan Selatan kota Padangsidimpuan. Data analisa mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997.Hasil analisa hambatan samping tertinggi pada hari Senin dengan kategori hambatan samping tinggi (H) yaitu sebesar 312 kejadian/ jam. Kecepatan arus bebas pada ruas jalan Sisingamangaraja kecamatan Padangsidimpuan Selatan kota Padangsidimpuan adalah 49,06 km/ jam dengan kecepatan rata-rata saat terganggu hambatan samping terendah adalah 18,79 km/ jam. Volume lalu lintas maksimum sebesar 1.293 smp/ jam dan kapasitas jalan sebesar 1.389 smp/ jam per lajur, maka hal ini menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan didapat 0,957. Kapasitas jalan sudah jenuh dan nilai tingkat pelayanan berada pada kelas E dimana bahwa arus lalu lintas tidak stabil karena kondisi yang sering terhenti, kecepatan di pengaruhi oleh lalu lintas dan volume sesuai untuk jalan perkotaan.

References

Bahri, S., Saputra, R., Afrizal, Y., Studi, P., Sipil, T.,& Limun, K. (n.d.). Issn 2086-9045.
Bina Marga. (2019). Kondisi Jalan Nasional Tahun 2018 Semester II.
Citra, I., Rachman, R., Palinggi, M. D. M., Prodi, M., Sipil, T., Kristen, U., & Paulus, I. (2020). Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Veteran Selatan.
Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Highway Capacity Manual Project (HCM). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
Jansen, F., Sendow, T. K., Sipil, J. T., Teknik, F., & Sam, U. (2017). Hambatan Samping Dan pembebanan lalu lintas angkutan jalan berbasis jalan raya di jaringan jalan dalam Kota Manado , menganalisis Kapasitas
Khisty, C. J. (2005). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi Edisi Ke-3 Jilid 1.
Kristanti, R., Rachman, R., & Radjawane, L. E. (2020). Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kota Makassar.
Kurniawan, S. (2015). Aktivitas Perdagangan Modern (Studi Kasus: Pada Jalan Brigjen Katamso di Bandar Lampung).
Kurniawan, S. (2016). Pelayanan Jalan Raya (Studi kasus: Sepanjang 200 M Pada Ruas Jalan Imam Bonjol Kota Metro).
Risdiyanto. (2014). Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas: Teori dan Aplikasi.
Rumayar, A. L. E., & Palenewen, S. C. N. (2018). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Kota Tomohon (Studi Kasus : Persimpangan Jl . Pesanggrahan-Persimpangan Jl . Pasuwengan).
Shirley L.Hendarsin (2000). Perencanaan Teknik Jalan Raya:Politeknik Negeri Bandung.
Studi, P., Sipil, T., Teknik, F., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2018). Pengaruh hambatan samping terhadap pengguna jalan.
Published
2022-04-30