PENGARUH PENGGUNAAN BATU GUNUNG DESA BULUMARIO SEBAGAI AGREGAT KASAR TERHADAP PENGUJIAN MUTU BETON

  • Rizk Hamdani Hutasuhut
  • Sahrul Harahap
  • Rizki Febriani Pohan
Keywords: Kuat tekan, serbuk aqua, agregat halus, massa beton

Abstract

Seiring dengan perkembangan di bidang teknologi rekayasa struktur di Indonesia, penggunaan beton masih banyak digunakan pada pekerjaan konstruksi seperti pekerjaan bangunan pemukiman, pemukiman, gedung, jalan, bendungan, dan lain-lain. Beton merupakan bahan yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lain, selain memiliki kuat tekan yang besar, beton mudah dikerjakan dan dapat dibentuk sesuai yang diinginkan. Batu gunung adalah batu yang sesuai dengan namanya berasal dari gunung dan umumnya dibuat untuk beberapa keperluan bangunan seperti pondasi dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan batu gunung desa Bulumario sebagai agregat kasar,dan mengetahui berapa besar massa beton setelah memakai batu gunung desa Bulumario sebagai agregat kasar. Pengaruh penggunaan agregat kasar yang bersumber dari batu gunung desa Bulumario menghasilkan kenaikan kuat tekan dari umur 7, 14, dan 28 hari. Setelah dilakukan pengujian kuat tekan diperoleh nilai hasil kuat tekan rata-rata beton dengan campuran agregat kasar Bulumario umur 7, 14, dan 28 hari sebesar 12,96 MPa, 14,72 MPa, 18,83 MPa. Dari hasil pengujian berat dan diperoleh hasil berat rata-rata beton dengan campuran agregat kasar Bulumario umur 7, 14, dan 28 hari sebesar 12.084,66 gram, 11.849,33 gram, dan 11.819 gram.

References

Amri, D., 2019, PengaruhPenambahan Pecahan Kulit Kemiri Sebagai Pengganti Sebagian Agregat Kasar Pada Beton Terhadap Massa Dan Kuat Tekan Beton, Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area, Medan.
Anonim, 1990, Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, Bandung.
Anonim, 2002, Tata Cara Perencanaan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, Badan Standarisasi Nasional, Bandung.
Anonim, 1993, Perencanaan Adukan Beton, Jakarta.
Anonim, 2015, Semen Portland Komposit, Jakarta.
Anonim, 2008, Cara Uji Slump Beton, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
Anonim, 2008, Cara Uji Berat Jenis Dan Penyerapan Air Agregat Kasar, Jakarta.
Anonim, 2008, Cara Uji Berat Jenis Dan Penyerapan Air Agregat Halus, Jakarta.
Anonim,2008, Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Untuk Konstruksi Bangunan Gedung Dan Perumahan, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
Anonim, 2011, Tata Cara Pembuatan Dan Perawatan Benda Uji Di Laboratorium, Jakarta.
Anonim, 2011, Cara Uji Kuat Tekan Beton Dengan Benda Uji Silinder, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
Anonim, 2013, Negara Pengguna Botol Plastik Terbesar di Dunia, https://www.merdeka.com/uang/5-negara-pengguna-botol-plastik-terbesar-dunia-termasuk-indonesia.html, Jakarta.
Nugraha dan Antoni, 2007, Teknologi Beton, Cv.Andi Offset, Yogyakarta.
Qomariah, 2015, Pengaruh Penambahan Cacahan Botol Aqua Polypropylene (PP) Pada Pasir Terhadap Kinerja Beton Normal, JurnalTeknik Sipil, 11(1).
Published
2021-09-22