ANALISA PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA PELAKSANAAN PADA DRAINASE BATU KALI DENGAN DRAINASE BETON PRACETAK

  • Renita Batubara
  • Sahrul Harahap
  • Muhammad Rahman Rambe
Keywords: Drainase; Batu kali; Beton Pracetak,;Biaya;Waktu

Abstract

Sistem drainase adalah rangkaian kegiatan yang membentuk upaya pengaliran air, baik air permukaan (limpasan), maupun air tanah dari suatu daerah atau kawasan. Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin bertambah, industri di bidang properti semakin meningkat sehingga dapat meningkatnya akan kebutuhan material bahan bangunan yang berkualitas terutama pada material drainase. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar perbandingan biaya dan waktu pelaksanaan pada drainase batu kali dan drainase beton pracetak. Metode yang digunakan untuk menghitung biaya dan waktu pada pekerjaan drainase batu kali dan beton pracetak adalah Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) tahun 2016.

Dari hasil analisa yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa (1)biaya yang dibutuhkan untuk pekerjaan drainase batu kali adalah Rp.73.583.467,91.,sedangkan (2)biaya untuk pekerjaan drainase beton pracetak adalah Rp. 101.192.266,67 sehingga (3)Selisih biaya antara drainase batu kali dengan drainase beton pracetak sebesar Rp. 27.608.798,76.  (4)Waktu pelaksanaan untuk pekerjaan drainase batu kali dibutuhkan selama 12 hari, sedangkan (5) waktu pelaksanaan untuk pekerjaan beton pracetak selama 4 hari dengan jumlah Tukang yang sama sebanyak 4 orang. (6)Selisih waktu pelaksanaan antara drainase batu kali dengan beton pracetak sebesar 8 hari, dimana waktu pelaksanaan drainase beton pracetak lebih efisien dibandingkan pelaksanaan pasangan batu kali.

References

AHSP, 2016, Analisa Harga Satuan Pekerjaan Umum, Peraturan Mentri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Jakarta
Dimitri, Fairizi, 2014, Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Kelapa Subdas Lambidaro Kota Palembang, Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan,Universitas Sriwijaya. Palembang.
Ervianto, W, 2005, Menejemen Proyek Konstruksi, CV. Andi Offset ,Yogyakarta :
Ervianto, W.I. 2006. Eksplorasi Teknologi dalam Proyek Kosntruksi. Penerbit
Andi. Yogyakarta
Published
2021-09-22