ANALISA KERUSAKAN RUMAH TINGGAL DITINJAU DARI STRUKTUR TANAH DI DESA BATANG PANE KEC. HALONGONAN TIMUR KAB. PADANG LAWAS UTARA

  • Muhammad Rasyid
  • Sahrul Harahap
  • Muhammad Rahman Rambe
Keywords: Dynamic Cone Penetrometer, California Bearing Ratio

Abstract

Tanah merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah konstruksi bangunan. Daya dukung tanah di perlukan untuk menopang beban yang di hasilkan oleh bangunan, namun dalam kenyataannya tidak semua tanah memiliki daya dukung yang baik. Dari berbagai macam jenis tanah terdapat tanah khusus yang memerlukan penaganan tertentu sebelum dapat digunakan. Salah satu contoh tanah khusus ini adalah lempung ekspansif. Jenis tanah ini paling banyak menimbulkan masalah bila di gunakan sebagai dasar proyek konstruksi, baik pada bangunan maupun sebagai lapisan tanah dasar pada proyek jalan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui nilai CBR tanah pada rumah tinggal yang mengalami kerusakan di desa Batang Pane II serta penanganan yang tepat terhadap kerusakan rumah tinggal ditinjau dari struktur tanah. Metode yang digunakan untuk menganalisa kerusakan rumah tinggal di lakukan secara penelitan atau observasi langsung dilapangan. Dari hasil analisa data yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa nilai CBR rata-rata pada rumah tinggal yang mengalami kerusakan di desa Batang Pane II sebesar 3,35 %, artinya kekuatan tanah dasar termasuk dalam kategori Normal dan perlu tidaknya pemadatan tergantung kategori gedung karena jenis tanah termasuk dalam kategori tanah ekspansif. Penanganan yang tepat terhadap kerusakan rumah tinggal ditinjau dari struktur tanah yaitu perlu penambahan lebar dan cerucuk pada pondasi serta struktur yang standart, karena di lapangan rata-rata bangunan yang rusak tidak menggunakan ring balok.

References

Adeswastoto, H., Islah, M., 2018, Analisis Jenis Kerusakan Pada Bangunan Perumahan, Jurnal Teknik Industri Terintegrasi 1 (2), Bangkinang.
Kirmanto. D., 2010, Pemberlakuan Cara Uji California Bearing Ratio (CBR) Dengan Dynamic Cone Penetrometer, Depatemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Bella, A. R., Bunganen, W., Sogen, P. M., 2015, Identifikasi Kerusakan Konstruksi Akibat Potensi Pengembangan Tanah Lempung Ekspansif Di Desa Oebelo, Jurnal Teknik Sipil IV (2), Kupang.
Braja M. Das. 1993, Mekanika Tanah (Prinsip - Prinsip Rekayasa Geoteknis), Erlangga, Jakarta.
Braja, M.Das, 1998, Mekanika Tanah Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Braja, M.Das, 1998, Mekanika Tanah Jilid 2, Erlangga, Jakarta.
Dardiri, A, 2012, Analisis Pola, Jenis, Dan Penyebab Kerusakan Bangunan Gedung Sekolah Dasar, Teknologi dan Kejuruan 35 (1), Malang.
Hadibroto, B., Ronitua, S., 2018, Perbaikan Dan Perkuatan Bangunan Sederhana Akibat Gempa, Jurnal Education Building 4 (1), Medan.
Hardiyatmo, H. C., 2006, Mekanika Tanah I, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Joseph, E, Boules, Jhon, K. Hainim, 1992, Sifat – Sifat Fisis Dan Geoteknis Tanah, Erlangga, Jakarta.
Kusumaningrum, E. 2017, Evaluasi Kriteria Kerusakan Bangunan Rumah Tinggal Sederhana Akibat Gempa Bumi, Tesis, Yogyakarta.
Published
2021-09-22