ANALISA PERBANDINGAN PENGGUNAAN PASIR SUNGAI BONAN DOLOK DENGAN PASIR SUNGAI PAYA SORDANG DESA HUTA LOMBANG TERHADAP KUAT TEKAN BETON

  • angga angga
Keywords: Agregat Halus, Pasir Sungai, dan Kuat Tekan Beton.

Abstract

Beton adalah konstruksi yang tersusun oleh material semen, air, agregat halus, dan agregat kasar. Setiap jenis agregat halus memiliki karakteristik yang berbeda - beda, karakteristik tersebut yang mempengaruhi perbedaan kuat tekan beton pada setiap jenis agregat halus. Pasir yang digunakan pada penelitian ini berasal dari dua daerah yang berbeda yaitu pasir dari Desa Huta Lombang dan Desa Bonan Dolok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kualitas pasir yang baik dengan jenis pasir yang berbeda terhadap kuat tekan beton. Pengujian dilakukan pada umur 7, 14 dan 28 hari untuk pengujian kuat tekan. Sampel yang digunakan berbentuk silinder dan berjumlah 27 sampel. Penelitian ini juga menggunakan beton normal dari kota Padangsidimpuan. Hasil pengujian kuat tekan menggunakan pasir Huta Lombang memiliki nilai kuat tekan paling rendah dengan rata – rata 13,49 MPa. Sedangkan kuat tekan beton rata - rata pada pasir Bonan Dolok 19,31 MPa. Serta hasil kuat tekan beton rata - rata pasir Padangsidimpuan memiliki hasil kuat tekan beton terbesar yaitu 22,72 MPa. Dengan demikian, pasir Bonan Dolok memiliki kualitas yang lebih baik dari pada pasir Huta Lombang.

References

Amri, D., 2019, Pengaruh Penambahan Pecahan Kulit Kemiri Sebagai Pengganti Sebagian Agregat Kasar Pada Beton Terhadap Massa Dan Kuat Tekan Beton, Skripsi, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Medan Area, Medan.
Anonim, 1990, Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, Bandung.
Anonim, 2000, Perencanaan Adukan Beton, Jakarta.
Anonim, 2002, Perbandingan Kuat Tekan Beton Pada Berbagai Bentuk Benda Uji.Anonim, 2004, Semen Portland Komposit, Jakarta.
Anonim, 2008, Cara Ujii Berat Jenis Dan Penyerapan Air Agregat Halus, Jakarta.
Anonim, 2008, Cara Uji Berat Jenis Dan Penyerapan Air Agregat Kasar, Jakarta.
Anonim, 2008, Cara Uji Slump Beton, Jakarta.
Anonim, 2011, Cara Uji Kuat Tekan Beton Dengan Benda Uji Silinder, Jakarta.
Anonim, 2011, Tata Cara Pembuatan Dan Perawatan Benda Uji Di Laboratorium, Jakarta.
Dumyati, A., 2015, Analisis Penggunaan Pasir Pantai Sampur Sebagai Agregat Halus Terhadap Kuat Tekan Beton, Jurnal Fropil, 3(1).
Imran dan Yunus, 2017, Analisis Kuat Tekan Beton Yang Menggunakan Pasir Laut Sebagai Agregat Halus Pada Beberapa Quarry Di Kabupaten Fakfak, Jurnal INTEK,4
Mulyono, 2004, Teknologi Beton. Andi , Yogyakarta.
Mukarta, D., 2019, Analisa Perbandingan Pasir Sungai Lematang Desa Sukacita Dan Desa Kasai Kabupaten Muara Enim Untuk Mutu Beton K-250, Skripsi,Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Nugraha dan Antoni, 2007, Teknologi Beton, Andi, Yogyakarta.
Tjokrodimulyo, 2007, Teknologi Beton, Andi , Yogyakarta.
Tjokrodimulyo, 1992, Rasio Kuat Tekan Beton Pada Berbagai Umur, Andi, Yogyakarta.
Published
2021-09-22