ANALISA PERBANDINGAN PELAT LANTAI KONVENSIONAL DENGAN PELAT LANTAI BOUNDECK PADA GEDUNG DINAS PERHUBUNGAN TAPANULI SELATAN

  • andri mandala
  • Sahrul Harahap
  • Mhd Rahman Rambe
Keywords: Plat Beton, Plat Beton Boundeck, Plat Beton Konvensional

Abstract

Pada beberapa elemen bangunan gedung ada yang memiliki biaya besar dan salah satunya yaitu pada elemen plat, namun elemen tersebut masih dapat dioptimalisasi dengan cara pengefisienan kembali. Oleh karena itu perlu dilakukan studi perbandingan. Dalam pemilihan teknologi, aspek pembiayaan, waktu pelaksanaan, dan aspek pengadaan material yang akan menjadi pusat perhatian untuk dilakukannya studi perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Plat Beton Boundeck sedikit lebih mahal sebesar Rp 853.056.141 dibandingkan Plat Beton Konvensional sebesar Rp 580.670.968; (2) Plat Beton Boundeck lebih mudah dalam proses pelaksanaannya dibandingkan Plat Konvensional; (3) Plat Beton Boundeck lebih cepat dalam waktu pelaksanaannya dibutuhkan 12 hari dibandingkan Pelat Beton Konvensional dibutuhkan 15 hari; (4) Pelat Beton Boundeck menghasilkan sampah lebih sedikit dibandingkan Pelat Konvensional; (5) Material untuk Pekerjaan Plat Beton Konvensional lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan pekerjaan Plat Beton Boundeck. Berdasarkan dari hasil ketiga aspek tersebut, untuk pemilihan teknologi khususnya Pekerjaan Plat direkomendasikan untuk menggunakan Plat Beton Boundeck.

References

Anonim, 1986, Pedoman Perencanaan Pembebanan Untuk Rumah Dan Gedung, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Anonim, 1991, Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung/Sk Sni T-15-1991-03, Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan, Departemen Pekerjaan Umum, Bandung.
Aiman, K. N., 2014, Studi Perbandingan Penggunaan Teknologi Pelat Beton Konvensional Dan Pelat Beton Bondeck Gedung Ball Room Universitas Muhammadiyah Makassar, Tugas Akhir, Universitas Hasanuddin Makassar, Makasar.
Ervianto, W., 2004, Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Edisi I, Erlangga Yogyakarta.
Kusuma,I.,K.,2006, Perbandingan Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Beton Dengan Metode Konvensional Dan Precast, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana.
Kusuma, G., 1993, Dasar-Dasar Perencanaan Beton Bertulang, Erlangga, Jakarta.
Mukomoko J.,2007, Dasar Penyusunan Anggaran Biaya Bangunan, Gaya Media Pratama, Jakarta.
Published
2021-09-22