Analisa perbandingan biaya dan waktu Pengerjaan pasangan dinding bata merah dan Block hebel gedung lantai -II

  • Rajab edisyahban Harahap
  • Sahrul Harahap
  • Afniria Pakpahan
Keywords: perbandingan, biaya, waktu, bata merah, block hebel

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang kontruksi terus berjalan seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk keefisienan pengerjaan di lapangan.Waktu sangatlah penting dalam pelaksanaan proyek.Material yang bisa digunakan untuk pasangan dinding adalah bata merah, batako, beton, gypsum, bambu, papan, multiplek dan sebagainya. Bata merah atau bata konvensional merupakan bahan konstruksi dinding yang paling banyak digunakan di kota besar maupun di pedesaan. Seiring dengan perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dalam hal ini dinding.Block hebel adalah alternatif sebagai pengganti dinding bata merah. Block hebel dibuat dengan material menyerupai beton dan memiliki sifat kuat, ringan, dan mampu mengurangi beban struktur . Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yaitu menghimpun data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat dalam suatu penelitian. Studi literatur bisa didapat dari berbagai sumber: Jurnal, buku, dokumentasi, internet dan pustaka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui biaya dan waktu pelaksanaan pekerjaan dinding bata merah dan dinding Block hebel. Hasil penelitian biaya untuk pemasangan dinding bata merah pada gedung lantai 2 sebesar : Rp 376.842.998,10 dinding Block hebel pada bangunan yang sama sebesar Rp 622.463.042,80 dari hasil tersebut terdapat selisih perbedaan biaya pasangan bata merahlebih murah sebesar : 245.620.044,70 adapun waktu yang dibutuhkaan dalam menyelesaikan pekerjaan pemasangan dinding menggunakan bata merah adalah 96 hari, sedangkan waktu yang dibutuhkan pada pekerjaan dinding Block hebel adalah 32 hari dengan luas bangunan 959.562 m² dan tingkat kesulitan lokasi dianggap sama. Sehingga dindingBlock hebel lebih efisien waktunya menjadi 64 hari dibandingkan pasangan dinding bata merah.

References

[1] Anonim, Anonim, 2000, SNI 15-2094-2000 Tentang Bata Merah Pejal Pekerjaan Umum,Jakarta.
[2] Anonim, 2019, Analisis Harga satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum, Padangsidimpuan.
[3] Safi’i, I., 2012, Studi Perbandingan Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Dinding Menggunakan Blok Hebel Dengan Bata Merah Klaten Pada Proyek
Pembangunan Kantor PT. Aero Prima 3 Lantai Di Boyolali, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakara.
[4] Sahid, M.N. dan Safi’i, I., 2012, Analisa Perbandingan Produktivitas Kerja Pada Pekerjaan Dinding Bata Konvensional Dengan dinding Block Hebel,Simposium Nasional RAPI XI FT UMS.
[5] Siddik, I.A., 2019, Analisa Biaya Dan Waktu Penggunaan Material Dinding Bata Merah Dan Dinding Batako Pada Rumah Tinggal Di Kota Padangsidimpuan, Skripsi, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan, Padangsidimpuan.
[6] Sitompul, H., 2019, Analisa Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan Dengan Rangka Atap Kayu Terhadap Biaya Dan Waktu Pada Pembangunan Gedung Kantor Dinas Kehutanan
[7] Warsika, P.D., 2017, Analisis Waktu Dan Biaya Berdasarkan Analisa Produktivitas Tenaga Kerja Pada Proyek Pembangunan Konstruksi, Skripsi, Universitas Udayana.
Published
2021-04-09
Section
Articles