ANALISA KEMACETAN JALAN SUDIRMAN SIMPANG TIGA SADABUAN PADANGSIDEMPUAN

  • Nurazizah Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Ahmad Rafii Universitas Graha Nusantara
  • Wirna Arifitriana Universitas Graha Nusantara
Keywords: Jalan, Kemacetan, Simpang Tiga, Sadabuan

Abstract

Arus lalu-lintas pada simpang tiga jalan sudirman sadabuan, sering mengalami konflik yang berujung pada terjadinya kemacetan. Persimpangan ini berada pada daerah pertokoan, perkantoran, pemukiman dan salah satu akses utama menuju komplek sekolah dengan hambatan samping sedang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemacetan simpang yang terjadi terhadap arus lalu lintas. Pengambilan data arus kendaraan dilaksanakan selama 7 hari pada pukul 06.30 wib sampai 18.30 wib, yaitu pada tanggal 7 November 2022 sampai dengan Minggu 13 November 2022. Data yang diambil adalah jumlah arus kendaraan, lebar jalan, dan jumlah penduduk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan MKJI (2017). Hasil analisis menunjukan bahwa kondisi simpang tiga jalan sudirman sadabuan saat ini memiliki kapasitas, (C) sebesar 2421.91 skr/jam, derajat kejenuhan (Dj) sebesar 0,66 skr/jam, dan tundaan (T) sebesar 11,74 det/skr serta rentang nilai peluang antrian QP (%) sebesar 18% - 37%. Sehingga simpang simpang tiga jalan sudirman sadabuan perlu adanya perbaikan dan peninjauan kembali.

References

Adinugraha, A. (2019). Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Jl. Tambun Bungai–Jl. RA Kartini, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah) (Doctoral dissertation, ITN Malang).

Bahari, S. (2017). Analisis Kemacetan Simpang Tiga Tak Bersinyal di Jalan Klambir 5–Jalan Stasiun Lama Medan (Studi Kasus) (Doctoral dissertation).

Highway Capacity Manual, 1985, Special Report 206, Transportation Research Board, Washington D.C.: National Research Council.

Kementerian Pekerjaan Umum, 1999, Jenderal Bina Marga No. 76/KPTS/Db/1999, Pemeliharaan Rutin Jalan Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum, 2017, Direktorat Jenderal Bina Marga, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 201. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Morlok E.K (1981). Pneumo-capsule Pipelines as an Inovation in Transportation. Netherlands.

Sembiring, A. T. B., Maki, T., & Delarue, J. (2021). Analisis Kinerja Lalu Lintas Terhadap Pengoperasian Angkutan Umum Di Ruas Jalan Santiago. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 11(3).

Waris, M. (2018). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 1(1), 46-54.

Published
2023-12-28