analisa kemacetan ruas jalan pada jalan M.Thamrin Padangsidimpuan

  • anggi ayu lestari Universitas UGN
  • Ahmad Rafii Universitas Graha Nusantara
  • Nurhasana Siregar Universitas Graha Nusantara
Keywords: Kemacetan, Lalulintas, Volume

Abstract

Kinerja suatu jaringan jalan sangat mempengaruhi perkembangan suatu kota. Ketika jaringan jalan memliki suatu kinerja jaringan jalan baik, banyak keuntungan yang didapatakan masyarakat. Keuntungan tersebut yang ada pada akhirnya mengingatkan penghasilan dan pendapatan daerah. Dengan lancarnya aktivitas pergerakan orang dan barang, maka secara langsung pendapatan ekonomi masyarakat meningkat. Permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti pada jalan M. Thamrin ini terdapat adanya pedagang kaki lima (Pajak Sagumpal Bonang), angkutan umum seperti becak yang akan mempengaruhi kemacetan di jalan M. Thamrin Lokasi. Adapun maksud dari lokasi dan waktu penelitian adalah tempat dimana penelitian dan waktu yang dibutuhkan selama penelitian ini dilaksanakan Lokasi penelitian yang dimaksud disini adalah tempat dimana penelitian ini dilaksanakan dari mulai survei awal hingga tahapan pengambilan data yang diperlukan. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di Jalan M. Thamrin Padangsidimpuan. Pengumpulan data merupakan sarana pokok untuk menemukan penyelesaian suatu masalah. Data yang dibutuhkan dalam penyusunan studi ini berupa data-data pendukung analisis. Data yang didapat adalah data primer dan sekunder. Puncak arus lalu lintasyang melewati jalan M. Thamrin terjadi pada hari minggu saat hari libur sebesar 259 smp/jam dengan nilai DS 1.3 smp/jam, Nilai Kapasitas di Jalan M.Thamrin Padangsidimpuan sebesar 1.155 smp/jam. Yang menjadi faktor kemacetan adalah penyempitan badan jalan yang disebabkan adanya aktivitas PKL dan Parkir. Solusi untuk mengatasi kemacetan tersebut langkah yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat setempat antara lain: Melakukan penertiban PKL dan Parkir dari pihak berwenang Menyediakan fasilitas parkir yang tidak jauh dari kawasan pasar. Melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan untuk lebih mengetahui rambu-rambu lalulintas.

References

Arifin (2019). Analisa Kemacetan Lalu Lintas di Persimpangan Jalan Kapten Mulyadi Vol. I, No. 1.
Badan Pusat Statistik (2022), Kota Padangsidimpuan dalam angka. Kota Padangsidimpuan.
Direktorat Jendral Bina Marga 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 1997. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta
Dinas Pekerjaan Umum Daerah Kota Padangsidimpuan (2013)
Jenderal Bina Marga No. 76/KPTS/Db/1999, Pemeliharaan Rutin Jalan Bina Marga, Departemen Pekerjaan umum, Jakarta
Jusuf, J. S. Pah (2014). Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W.J Lalamentik dan Ruas Jalan Gor Flobamara) Vol. III No. 1 April 2014.
Khairulnas (2018). Analisis derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan jalan Sudirman Kota Pekan Baru Vol.12 No.2 Oktober 2018.
Ma’ruf (2020). Analisa Kemacetan Lalu Lintas Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu Teh Botol Sosro Banjaran – Kabupaten Tegal)
Merentek, T.G.S., Sendow, T.k., Manoppo, M.R.E (2016). Evaluasi Perhitungan Kapasitas menurut Metode MKJI 1997 dan Metode Perhitungan Kapasitas dengan Menggunakan Analisa Perilaku Karakteristik Arus Lalu Lintas pada Ruas Jalan antar Kota (Studi Kasus Manado-Bitung), Vol.4 No.3 Maret 2016.
Mukti, T (2016). Pengaruh keberadaan pedagang kaki lima terhadap lalu lintas di Jalan KH Zaenal Mustofa, KotaTasikmalaya.
Rifan, F, K (2013). Analisa Derajat Kejenuhan Akibat Pengaruh Kecepatan Kendaraan pada Jalan Perkotaan di Kawasan Komersil (Studi Kasus: di Segmen Jalan depan Manado Town Square Boulevard Manado) Vol.I No.9 Agustus 2013.
Sinulingga, Budi D. (1999). Pembangunan Kota-Tinjauan Regional dan Lokal, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Tamin, Nahdalina 1998. Analisa Dampak Lalu Lintas. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota Bandung
Tamin, Ofyar, Z (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Bandung, Indonesia: Penerbit ITB
Wini, M (2016). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kemacetan Lalu lintas di sepanjang Jalan H Rais A Rahman (Sui Jawa Kota Pontianak) Vol.14 No.1 Juni 2016.
Published
2023-12-30