Analisa Kinerja Ruas Jalan Abdul Haris Nasution Kota Padang Sidempuan (Studi Kasus)

  • Edy Syahputra Hamonangan Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Ahmad Rafii Universitas Graha Nusantara
  • Afniria Pakpahan Universitas Graha Nusantara
Keywords: kemacetan, ruas jalan, waktu tempuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mencari penyebab keterlambatan waktu tempuh di ruas jalan lintas Jend. Besar A. Nasution dan mencari solusinya. Jenis kenderaan yang paling banyak melewati jalan ini adalah sepeda motor dengan jumlah 1122 dalam waktu 3 hari. Waktu terjadinya kemacetan di ruasjalan Jend. Besar A Haris Nasution adalah jam 17.30 sampai dengan 21.30. Dan dari data survei diketahui bahwa bila kendaraan truck/tronton semakin meningkat maka kemacetan akan semakin buruk. LHR di Ruas Jalan Jend. Besar A. Haris Nasution dalam tiga hari adalah 4220/3 = 1406,66 smp/jam smp/ jam. Diketahui bahwa pada jam 17.30-21.30 adalah waktu terburuk ruas jalan ini. 99% pengguna jalan tidak nyaman melewati jalan ini dan 65 % alasan yang sama yaitu badan jalan terlalu sempit. Selain badan jalan sempit, ruas jalan ini juga mempunyai beram yang tinggi sehingga apabila suatu truk berjumpa dengan truk lainnya secara berlawanan arah maka akan menirnbulkan kemacetan, karena tidak bisa menggunakan bahu jalan sebagai pengganti tumpuan roda. Bahu jalan yang tidak merata juga mempengaruhi kebebasan di ruas jalan ini, karena tidak ada lahan parkir bagi kenderaan yang mogok atau bocor ban sehingga setiap kenderaan yang mogok atau bocor ban akan tetap didalam lajur dan akan menimbulkan kemacetan.

 

References

Departemen Pekerjaan Umum, 1970, Perencanaan Geometrik Jalan Raya, PP No. 13.
Peraturan Mentri Perhubungan, 2006, Kapasitas Jalan, Peraturan Mentri Perhubungan No. KM 14.
Iskandar, H., 2003, Volume Lalu Lintas Rencana Untuk Geometrik Dan Perkerasan Jalan, Jurnal Volume Kendaraan, Puslitbang Jalan Dan Jembatan, Bandung.
Khisty, C, 2003, A Systemic Overview of Non-Motorized Transportation for Developing Countrics: An Agenda for Action, Article, Illinois Institute of Technology.
Kusnandar, E., 2009, Pengkinian Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, Jurnal, jalan dan Jembatan, 26(2).
Liliana, Setiawan, R., Nugroho, A.D., 2005, Visualisasi Desain Geometrik Jalan Secara 3D Berdasarkan Perhitungan Alinyemen Horisontal dan Alinyemen Vertikal, Jurnal Informatika, 6(2), 90-94.
Oglesby, C.E., Clarkson, H, Hicks, R.G., 1990, Teknik Jalan Raya. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Strongq D.W. and P.E., 1994, 1994 Changes to Chapter 9 of the 1985 Highway Capacity Manual (Signalized Intersections), Institute of Transportation Engineers (ITE), USA.
Sukirman, S., 1994, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Penerbit Nova, Bandung.
Published
2023-05-09