Perbandingan Nilai Ekonomis Bore Pile Dengan Tiang Pancang Untuk Gudang Bengkel Di Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

  • Indra Juliansah Pohan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Sahrul Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Rizki Febriani Pohan Universitas Graha Nusantara
Keywords: gudang, pondasi bore pile, pondasi tiang pancang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan nilai ekonomis Bore Pile dengan Tiang Pancang Gudang Bengkel di Mangunggang Julu. Metode penelitian dilakukan dengan analisis perhitungan nilai ekonomis Bore Pile dan Tiang Pancang, menghitung volume kebutuhan perencanaan bengkel,  rekapitulasi pekerjaan Pondasi Tiang Pancang, menghitung harga pekerjaan pondasi bore pile. Perhitungan Pondasi Bore Pile maka diperoleh nilai proyek pada Gudang Bengkel di Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara diperoleh sebesar Rp.195.354.954,00, Perhitungan Pondasi Tiang Pancang maka diperoleh nilai proyek pada Gudang Bengkel di Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara diperoleh sebesar Rp. 169.573.952,00. Hasil pengamatan pada  pembangunan Gudang Bengkel di Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dilakukan dengan menghitung selisih antara pekerjaan Pondasi Tiang Pancang dengan Pondasi Bore Pile. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh selisih harga sebesar Rp. 25.781.002,00 atau sebesar Dua Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Delapan Puluh Satu Ribu  Dua Rupiah (13,20 %). Ternyata nilai ekonomis pekerjaan pondasi bore pile  jauh lebih efektif dan efisien dalam sebuah pekerjaan proyek dari pada pekerjaan pondasi tiang pancang hal ini diperkirakan akibat besarnya perbedaan item pekerjaan yang ada sementara harga upah, bahan, material dari kedua pekerjaan yang diinput ke dalam nilainya terdapat perbedaan.

References

Akbar, A., Khilji, S., Khan, S. B., Qureshi, M. S., Sattar, M., Pak. J. Engg. & Appl. Sci., Juli 2008, (54 – 60), Shaft Friction of Bored Piles in Hard Clay.
Andi, Y., dan Fahriani, F., Januari-Juni 2014, Jurnal Fropil, 2 (1) Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Diverivikasi Dengan Hasil Uji Pile Driving Analysis dan Capwap (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Kantor Bank Sumsel Babel di Pangkalpinang).
Bowles, J. E.,1984, Foundation Analysis and Design, (terjemahan oleh Pantur Silaban), Jilid II, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Das, B. M., 1995, Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis) 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Das, B. M., 2011, Principles of Foundation Engineering, SI Seventh Edition (repaired by Utan), Cengage Learning, Stamford.
Hardiyatmo, H. C., 2002, Teknik Fondasi 1, Edisi kedua jilid 2, Beta Offset, Yogyakarta.
Harstanto, C., Manoppo, J., Fabian., J., R., Sumampouw. 2015, Analisa Daya Dukung Tiang Bor (Bored Pile) pada Struktur Pylon Jembatan Soekarno dengan Plaxis 3D, Jurnal Ilmiah Media Engineering.

Warman, John., 2012, Manajemen Pergudangan, Edisi Ketujuh, Penerbit PT Puka Sinar Harapan, Jakarta.
Published
2023-05-09