Analisa Sediment Transport Pada Saluran Terbuka Model Trapesium (Studi Laboratorium)

  • Indra Mulia Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Amran Juniardi Universitas Graha Nusantara
  • Nurkhasanah Rina Puspita Universitas Graha Nusantara
Keywords: Karakteristik aliran, saluran terbuka, laju aliran sedimen

Abstract

Sedimen merupakan hasil proses erosi, baik berupa erosi permukaan, erosi parit, maupun jenis erosi tanah lainnya. Sedimen umumnya mengendap di bagian bawah kaki bukit, di daerah banjir, di saluran air, sungai, dan waduk. Hasil sedimen adalah jumlah sedimen yang berasal dari erosi yang terjadi di daerah tangkapan air yang diukur pada periode waktu dan tempat tertentu. Penelitian tentang laju sedimentasi telah banyak dilakukan oleh berbagai peneliti, baik secara langsung di lapangan maupun dalam skala laboratorium. Namun secara umum sedimen yang diteliti adalah sedimen secara keseluruhan atau lebih dikenal dengan istilah sedimen suspensi, dimana sedimen tersebut sudah terdiri dari berbagai material seperti : tanah, kayu, pasir, kerikil/batuan dan lain-lain. Pada penelitian ini dilakukan pengujian dengan memisahkan jenis dari sedimen tersebut. Material sedimen yang menjadi sampel uji adalah pasir, kerikil dan tanah. Ketiga jenis sedimen ini diuji dengan bantuan alat uji hidrolis di Laboratorium Teknik Sipil UGN untuk mengetahui laju sedimentasi. Dari data pengujian yang dihasilkan, laju aliran massa sedimen (Qs) jenis kerikil dan tanah pada bukaan pintu air 100 mm berturut-turut adalah 0,065 kg/s dan 0,072 kg/s. Sedangkan material sedimen pasir memiliki debit aliran sedimen sebesar 0,133 kg/s pada bukaan pintu air yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa material sedimen pasir lebih cepat dan lebih banyak terenkapsulasi atau tergusur daripada sedimen kerikil dan tanah.

References

Rasmawati, 2019. Analisis Perubahan Dasar Saluran Terbuka Akibat Variasi Debit pada Tingakat aliran Kritis dan Sub-kritis. Vol. 12 No.1. Jurnal Teknik Hidro-UMM.

Ikhsan, Cahyono. 2007, Pengaruh Variasi Debit Air Terhadap Laju Bed Load pad Saluran Terbuka dengan Palo Aliran Steady Flow, Jurnal Media Teknik Sipil-UGM.

Gunardjo dkk, 2015. Teknik Pengukuran Hasil Sedimen. ISBN 978-602-72699-1-0. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Yuniarti, 2016. Sedimentologi Dasar. UIR Press. Pekan Baru.

BPDAS, 2004. Morfologi Dasar Sungai. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jakarta.

Suripin, 2019. Mekanika Fluida & Hidraulika Saluran Terbuka untuk Teknik Sipil. Yogyakarta : Penerbit Andi

Asdak Chay (2014). Hidrologi dan Pengeloaan daerah Aliran Sungai.Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Subary 2005, Volume Angkutan Sedimen dipengaruhi oleh Kecepatan Aliran, Media Komunikasi Teknik Sipil Universitas Sriwijaya. Palembang,

Frank M, White, 1998. Makanika Fluida Jilid 2. Jakarta ; Penerbit Erlangga.
Olson, 1993. Dasar-Dasar Mekanika Fluida Ed. Kelima. Jakarta ; Gramedia Pustaka.

Ven Te Chow. 1992. Aliran melalui saluran terbuka. Jakarta ; Erlangga.
Published
2022-10-30