Analisa Indikasi Penyebab Pembengkakan Biaya (Cost Overrun) Pada Proyek Pembangunan Bendungan Lau Simeme

  • Iqbal Baitang Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Sahrul Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Nurkhasanah Rina Puspita Universitas Graha Nusantara
Keywords: Pembengkakan biaya, Cost Overrun, Proyek konstruksi

Abstract

Pembangunan konstruksi di Indonesia semakin pesat sejalan dengan pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Dalam pelaksanaan proyek konstruksi banyak dijumpai proyek yang mengalami pembengkakan biaya (cost overrun) maupun keterlambatan waktu. Pembengkakan biaya (cost overrun) pada tahap pelaksanaan proyek sangat tergantung pada perencanaan, koordinasi, dan pengendalian dari kontraktor, sehingga proses konstruksi berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab pembengkakan biaya (cost overrun) pada proyek pembangunan bendungan Lau Simeme. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada pekerja pada proyek tersebut. Hasil pengumpulan kuesioner, terkumpul 30 responden. Dari hasil pengumpulan data dilakukan proses pengolahan data dengan bantuan komputer dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 19. Dari analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tingkat reabilitas dari 30 kuesioner yang disebar, terdapat tiga kuesioner yang tidak reliable dan 27 kuesioner yang reliable. Juga didapat hasil validitas dari variabel – variabel penyebab pembengkakan biaya (cost overrun) sebesar 46 % sedangkan tingkat variabel yang saling berkorelasi antara variabel bebas dan terikat sebesar 42 %.

References

Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek & Konstruksi – Jilid I. Kanisius: Yogyakarta.

Ervianto, Wulfram I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi. Andi: Yogyakarta.

Fahirah, F. 2005. Identifikasi Penyebab Overrun Biaya Proyek Konstruksi Gedung. Universitas Tadulako, Palu.

Gede Wira Hadinata, Mayun Nadiasa, Ida Ayu Rai Widhiawati. 2013. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Pembengkakan Realisasi Biaya Terhadap Rencana Anggaran Pelaksanaan Pada Proyek Konstruksi Gedung. Universitas Udayana, Denpasar.

Hasan, I. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. Husen, Abrar. 2009. Manajemen Proyek. Andi: Yogyakarta.

Husen, Abrar. 2009. Manajemen Proyek. Andi: Yogyakarta.

Iqbal, Gustara. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktifitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Struktur Beton. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Jaya, Indra. 2013. Model Sistem Distribusi PDAM Kotamadya Bandung Untuk Meningkatkan Cakupan Layanan Dengan Pendekatan Sistem Dinamis Berbasis Risk. Universitas Indonesia, Depok.

Santoso, Indriani. 1999. Analisa Overruns Biaya Pada Beberapa Tipe Proyek Konstruksi. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Santoso, Indriani. 1999. Analisa Overruns Biaya Pada Beberapa Tipe Proyek Konstruksi. Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Soeharto, Iman. 1997. Manajemen Proyek. Jakarta: Erlangga.

Syafrizal Helmi S, Doli M. Ja’far D, Iskandar Muda, Muslich Lufti, Syahyunan. 2008. Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Medan : USU Press.
Published
2022-10-30