SOSIALISASI PENINGKATAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI DI SD NEGERI 100103 KECAMATAN ANGKOLA BARAT TAPANULI SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022

Pendidikan

  • elnila caniago Dosen FKIP UGN
  • Fita Delia Gultom
Keywords: Peningkatan Belajar, Metode Resitasi, Pelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan pembelajaran siswa dengan berbagai permasalahan yang terdapat pada belajar. Dalam pembelajaran yang terjadi membuat siswa mendapatkan hasil dari belajar yang kurang memuaskan yang disebabkan kesalahan yang terjadi dalam mengajar. Belajar merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa baik dari segi kognitif , afektif dan psikomotorik dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui suatu program yang dirancang terlebih dahulu. Guru sebagai tokoh  utama dalam pembelajaran oertama kali akan melaksanakan proses pembelajaran harus merencanakan kegiatan dan prosedur pembelajaran sebelum melakukan pengajaran didepan kelas. Dalam hal ini guru memanfaatkan sumber pembelajaran, metode ,media serta strategi pembelajaran yang akan dilaksanakan. Metode merupakan strategi guru dalam memecahkan masalah yang terdapat dalam pembelajaran siswa. metode diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran siswa dalam memahami materi pembelajaran khusunta bahasa Indonesia. Salah satu metode yang dapat  membantu permasalah ini dengan pemanfaatan metode Resitasi. Metode resitasi merupakan metode yang dilakukan oleh guru dengan menyajikan materi pembelajaran dan memberikan tugas sesuai dengan pembahasan materi yang telah dilaksanakan oleh siswa.Penugasan yang diberikan siswa dapat dilaksanakan dimana saja yang dapat dilakukan siswa di dalam perpustakaan, rumah, halaman, dalam kelas, maupun dimana saja yang menurut siswa yang dapat membantu siswa dalam belajar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SDNegeri 100103 Kecamatan Angkola Barat Tapanuli Selatan Pad tanggal 18 Mei 2022. Target utama dalam pelaksanaan melalui pengabdian masyarakat di sekolah dengan tujuan untuk peningkatan Hasil Belajar siswa dengan penggunaan metode Resitasi (Penugasan) di SD Negeri 100103 Kecamatan Angkola  Barat Tapanuli Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi (1997) bimbingan Dan Penyuluhan Sekolah , Semarang: Toha Putra

De Porter, B. (2003). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa.

Depdikbud. 1997. Kurikulum sekolah menengah Atas , Jakarta: Balai

Iskandarwassid &, Sunendar D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda

Nurhadi (1987). Membaca Cepat dan Efektif.Bandung: Sinar Baru danuy’ YA3 Mala

Sari, E. P., Makmur, A., & Hasibuan, E. A. (2021). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Pada Materi Pengukuran Di Kelas V SD Negeri 20019 Padangsidimpuan. PeTeKa, 4(1), 51-59.

Soejipto (1994) Profesi Pendidikan: Rineka Cipta .

Suyanto dan Jihad, A. (2009). Betapa Mudah Menulis Karya Ilmiah (PDF). Yogyakarta: Penerbit Eduka. ISBN 978-979-18882-64.

Published
2022-06-10