MEDIA PADLET SEBAGAI TEKNOLOGI PEDAGOGIK: PERSEPSI GURU DAN PEMANFAATNNYA PADA PEMBELAJARAN

Pendidikan

  • Fitrotul Mufaridah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Rofiatul Hima Universitas Muhammadiyah Jember
  • Bellaneta Amalin Kuntadirga Universitas Muhammadiyah Jember
  • Septirany Nur Arillia Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: Padlet, Integrasi TIK, Kompetensi guru, Literasi Digital

Abstract

Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pembelajaran abad 21 diarahkan untuk mendorong guru dan siswa dalam berliterasi digital. untuk itu pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi guru terhadap peningkatan kompetensi digital, dan bagaimana kreatifitas guru dalam memanfaatkan media padlet pada pembelajaran. Pengabdian  ini menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data yang disebarkan kepada 45 guru sebagai responden. Data pengabdian ini dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil pengabdian menyatakan bahwa praktik integrasi TIK pada pembelajaran adalah sangat penting sebagai bentuk upaya guru untuk meningkatkan kompetensi digitalnya. Persepsi ini penting untuk mengantarkan guru bersikap progresif serta secara produktif mampu mengintegrasikan TIK pada pembelajaran yang dijalankannya. Hasil pengabdian juga menunjukkan pemanfaatan media padlet pada rancangan pembelajaran di kelasnya secara baik dan cukup baik. Pengabdian ini menghasilkan bukti pemahaman akan pentingnya mengasah kreatifitas guru dalam mendesain pemanfaatan media padlet secara variatif sehingga mampu mewujudkan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk bisa interaktif dan kolaboratif dalam menjalankan kegiatan pembelajaran beserta teman-temannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rofiatul Hima, Universitas Muhammadiyah Jember

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Bellaneta Amalin Kuntadirga, Universitas Muhammadiyah Jember

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Septirany Nur Arillia, Universitas Muhammadiyah Jember

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Beltrán-Martín, I. (2019). Using Padlet for collaborative learning. https://doi.org/10.4995/head19.2019.9188

Churchill, N. (2020). Development of students’ digital literacy skills through digital storytelling with mobile devices. Educational Media International. https://doi.org/10.1080/09523987.2020.1833680

Dudeney, G., & Hockly, N. (2016). Literacies, technology and language teaching. In The Routledge Handbook of Language Learning and Technology. https://doi.org/10.4324/9781315657899

Hazaea, A. N., & Alqahtani, A. A. J. (2020). Competences in digital online media literacy: Towards convergence with emergency remote EFL learning. International Journal of Media and Information Literacy. https://doi.org/10.13187/IJMIL.2020.2.164

Md Deni, A. R., & Zainal, Z. I. (2018). Padlet as an educational tool: Pedagogical considerations and lessons learnt. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3290511.3290512

Millar, S.-K., Spencer, K., Stewart, T., & Dong, M. (2021). Learning Curves in COVID-19: Student Strategies in the ‘new normal’? Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.641262

Mohd. Zainuddin, N. M., Mohd Azmi, N. F., Mohd Yusoff, R. C., Shariff, S. A., & Wan Hassan, W. A. (2020). Enhancing Classroom Engagement Through Padlet as a Learning Tool: A Case Study. International Journal of Innovative Computing. https://doi.org/10.11113/ijic.v10n1.250

Rafi, M., JianMing, Z., & Ahmad, K. (2019). Technology integration for students’ information and digital literacy education in academic libraries. Information Discovery and Delivery, 47(4), 203–217. https://doi.org/10.1108/IDD-07-2019-0049

Seufert, S., Guggemos, J., & Sailer, M. (2021). Technology-related knowledge, skills, and attitudes of pre- and in-service teachers: The current situation and emerging trends. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106552

Trilling, B., & Fadel, C. (2010). 21St Century Skills: Learning for Life in Our Times (Reference for 21st C course). In Wiley.

Van Laar, E., Van Deursen, A. J. A. M., Van Dijk, J. A. G. M., & De Haan, J. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010

Vijayan, R. (2021). Teaching and learning during the covid-19 pandemic: A topic modeling study. Education Sciences, 11(7). https://doi.org/10.3390/educsci11070347

Zhi, Q., & Su, M. (2016). Enhance Collaborative Learning by Visualizing Process of Knowledge Building with Padlet. Proceedings - 2015 International Conference of Educational Innovation Through Technology, EITT 2015. https://doi.org/10.1109/EITT.2015.54

Published
2022-06-10