MEDIA PADLET SEBAGAI TEKNOLOGI PEDAGOGIK: PERSEPSI GURU DAN PEMANFAATNNYA PADA PEMBELAJARAN
Pendidikan
Abstract
Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pembelajaran abad 21 diarahkan untuk mendorong guru dan siswa dalam berliterasi digital. untuk itu pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi guru terhadap peningkatan kompetensi digital, dan bagaimana kreatifitas guru dalam memanfaatkan media padlet pada pembelajaran. Pengabdian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data yang disebarkan kepada 45 guru sebagai responden. Data pengabdian ini dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil pengabdian menyatakan bahwa praktik integrasi TIK pada pembelajaran adalah sangat penting sebagai bentuk upaya guru untuk meningkatkan kompetensi digitalnya. Persepsi ini penting untuk mengantarkan guru bersikap progresif serta secara produktif mampu mengintegrasikan TIK pada pembelajaran yang dijalankannya. Hasil pengabdian juga menunjukkan pemanfaatan media padlet pada rancangan pembelajaran di kelasnya secara baik dan cukup baik. Pengabdian ini menghasilkan bukti pemahaman akan pentingnya mengasah kreatifitas guru dalam mendesain pemanfaatan media padlet secara variatif sehingga mampu mewujudkan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk bisa interaktif dan kolaboratif dalam menjalankan kegiatan pembelajaran beserta teman-temannya.
Downloads
References
Beltrán-MartÃn, I. (2019). Using Padlet for collaborative learning. https://doi.org/10.4995/head19.2019.9188
Churchill, N. (2020). Development of students’ digital literacy skills through digital storytelling with mobile devices. Educational Media International. https://doi.org/10.1080/09523987.2020.1833680
Dudeney, G., & Hockly, N. (2016). Literacies, technology and language teaching. In The Routledge Handbook of Language Learning and Technology. https://doi.org/10.4324/9781315657899
Hazaea, A. N., & Alqahtani, A. A. J. (2020). Competences in digital online media literacy: Towards convergence with emergency remote EFL learning. International Journal of Media and Information Literacy. https://doi.org/10.13187/IJMIL.2020.2.164
Md Deni, A. R., & Zainal, Z. I. (2018). Padlet as an educational tool: Pedagogical considerations and lessons learnt. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3290511.3290512
Millar, S.-K., Spencer, K., Stewart, T., & Dong, M. (2021). Learning Curves in COVID-19: Student Strategies in the ‘new normal’? Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.641262
Mohd. Zainuddin, N. M., Mohd Azmi, N. F., Mohd Yusoff, R. C., Shariff, S. A., & Wan Hassan, W. A. (2020). Enhancing Classroom Engagement Through Padlet as a Learning Tool: A Case Study. International Journal of Innovative Computing. https://doi.org/10.11113/ijic.v10n1.250
Rafi, M., JianMing, Z., & Ahmad, K. (2019). Technology integration for students’ information and digital literacy education in academic libraries. Information Discovery and Delivery, 47(4), 203–217. https://doi.org/10.1108/IDD-07-2019-0049
Seufert, S., Guggemos, J., & Sailer, M. (2021). Technology-related knowledge, skills, and attitudes of pre- and in-service teachers: The current situation and emerging trends. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106552
Trilling, B., & Fadel, C. (2010). 21St Century Skills: Learning for Life in Our Times (Reference for 21st C course). In Wiley.
Van Laar, E., Van Deursen, A. J. A. M., Van Dijk, J. A. G. M., & De Haan, J. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010
Vijayan, R. (2021). Teaching and learning during the covid-19 pandemic: A topic modeling study. Education Sciences, 11(7). https://doi.org/10.3390/educsci11070347
Zhi, Q., & Su, M. (2016). Enhance Collaborative Learning by Visualizing Process of Knowledge Building with Padlet. Proceedings - 2015 International Conference of Educational Innovation Through Technology, EITT 2015. https://doi.org/10.1109/EITT.2015.54