PENTINGNYA KESADARAN UNTUK PEDULI UNTUK MENJAGA DAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN

Sosial

  • Jainal Abidin Universitas Graha Nusantara
  • Erwina Azizah Hasibuan
  • Alwendi
Keywords: Kesadaran, Peduli, Melestarikan Lingkungan

Abstract

Kebersihan lingkungan ialah suatu hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan ini, karena ini merupakan salah satu cara untuk sehat maka  perlu kita jaga dengan sebaik mungkin. Lingkungan hidup nyaman adalah salah satu kegiatan dalam menciptakan atau menjadikan lingkungan yang enak dipandang mata, asri, indah, hijau dan nyaman serta bersih. Pada masa sekarang ini sikap akan kesadaran terhadap menjaga dan melesatarikan lingkungan yang baik sudah semakin memperihatinkan. Sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk menyadarkan orang-orang yang hanya mementingkan material saja tanpa memikirkan akan dampak yang ditimbulkan. Perilaku manusia seperti ini pada dasarnya digerakkan oleh suatu sikap  yang diyakini dan dianut oleh seseorang yang menginginkan keuntungan saja. Sudah banyak dirasakan hasil dari dampak dari rusaknya lingkungan seperti terjadinya banjir bandang yang merugikan banyak orang akibat imbas dari banjir. Sehingga perlu dilakukan suatu penyegaran kepada masyarakat untuk memulai menjaga dan melestarikan lingkungan. Kegiatan ini hendaknya memberikan perubahan yang berarti bagi lingkungan yang baik dan bersih yang bebas dari sampah-sampah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, J., & Hasibuan, F. A. (2019). Penyebaran Konsentrasi Polutan Dengan Pemodelan Dispersi Gauss Menggunakan Matlab. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 227.

Abidin, J., & Hasibuan, F. A. (2019). Pengaruh Dampak Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan Untuk Menambah Pemahaman Masyarakat Awam Tentang Bahaya Dari Polusi Udara. Prosiding SNFUR-4, Pekanbaru, 7.

Ahmad. M, Pendidikan Lingkungan Hidup dan Masa Depan Ekologi Manusia. Forum Tarbiyah Vol. 3, No. 1 (2010)

Awasthi. M., Khare. M., dan Gargava P, General Plume Dispersion Model (GPDM) for Point Source

Budiyono, Pencemaran Udara: Dampak Pencemaran Udara pada Lingkungan. Berita Dirgantara Vol.2 no.1 (2001)

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31-37.

Fachmi, R. (2014). Permasalahan dan

Dampak KebakaranHutan. Jurnal Lingkar

Widyaiswara, Edisi 1 No. 4, Oktober –

Desember 2014, p.47 – 59 ISSN: 2355-

Mukminin, A. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(02), 227-252.

Sengkey, S.L., (2011), Tingkat Pencemaran Udara CO Akibat Lalu Lintas Dengan Model Prediksi Polusi Udara Skala Mikro, Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol. 1, No. 2, Juli 2011 ISSN 2087-9334(119-126).

Tambun, T. A., Arifitriana, W., & Hasibuan, E. A. (2021). Upaya Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Menggunakan Metode Inquiry Pada Materi Bilangan Bulat. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 383-389.

Xi, X., Li, H., Wallin, F., Avelin,A., Yang, X, (2019), Air Pollution Related Externality of District Heating – A Case Study of Changping, Beijing, Energy Procedia (2019) 4323-4330.

Published
2022-06-10