PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR DI RW 5 TANJUNG BARAT

Farmasi

  • Dian Maria Ulfa Poltekkes Kemenkes Jakarta II
  • Silvester Maximus
  • Patimah
Keywords: Demonstrasi, Obat, Penggunaan, Penyimpanan, Pembuangan

Abstract

Kurangnya pengetahuan dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat terkait penggunaan obat yang baik dan benar  dapat mengakibatkan kesalahan dalam membeli, mengkonsumsi, menyimpan dan membuang limbah obat dapat terjadi. Kesalahan dalam penggunaan obat dapat menyebabkan kerugian baik bagi masyarakat maupun bagi lingkungan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan  pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat yang benar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah focus group discussion (FGD), demonstrasi, dan evaluasi menggunakan format observasi secara terstruktur. Kegiatan dilaksanakan di Rw 05  Kelurahan Tanjung Barat Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan terhadap masyarakat sebanyak 37 orang terlihat adanya peningkatan pengetahuan. Nilai post test mengalami kenaikan signifikan dibandingkan nilai pretest. Uji t test menunjukkan P value < 0,05 sehingga kesimpulannya berbeda signifikan. Peingkatan pengetahuan masyarakat tentang cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar adalah manfaat yang diperoleh dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tim KPLDH, “Monev Kegiatan Ketuk Pintu Layani Dengan Hati Puskesmas Keliling Kelurahan Tanjung Barat. Jakarta Selatan,†2016.

W. N. Indriyani, Deteksi dini kolesterol, hipertensi, dan stroke. Jakarta: millestone, 2009.

C. W. Wells, B.G., Dipiro, J.T., Schwinghammer, T.L., Hamilton, Pharmacoteraphy Handbook, 2nd ed. Stanford Connecticut: Appleton and Lange, 2000.

N. D. Makmur Y., Anwar Y., Gambaran StrokeBerulang di RS H. Asam Malik Medan. Medan: Nusantara, 2002.

J. Adam, “Komplikasi Kronik Diabetik Masalah, Utama Penderita Diabetes dan Upaya Pencegahan Diabetes,†2013.

Kemenkes RI, Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI : Tuberkulosis Temukan Obati Sampai Sembuh. Jakarta: Kementrian kesehatan RI, 2016.

Kemenkes RI, Strategi Nasional Pengendalian Tuberkulosis. Jakarta: Kementrian kesehatan RI, 2011.

dkk Soenarta, A.A., Pedoman Tatalaksana Hipertensi Pada Penyakit Kardiovaskuler. Jakarta: Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia., 2015.

PDPI, Asma dan Pedoman Penatalaksanaan di Indonesia. Jakarta: Balai Penerbit FKUI, 2004.

PERKENI, Konsensus Pengendalian dan Pencegahan DM Tipe 2 di Indonesia. Jakarta, 2011.

Published
2022-06-10