Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Penguatan Manajemen & Pengembangan Sistem Keuangan Koperasi Sapto Argo Raharjo

Menajemen Ekonomi

  • Esti Elia Wardani Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: PPMT, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, Sistem Keuangan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) ini dilaksanakan di Koperasi Sapto Argo Raharjo, Dusun Sowanan, Kecamatan Ngablak. PPMT dilaksanakan dengan melibatkan Ketua Asosiasi dan Ketua Koperasi Sapto Argo Raharjo dengan tujuan untuk penguatan manajemen dan pengembangan sistem keuangan Koperasi Sapto Argo Raharjo. Permasalah yang terjadi di Koperasi Sapto Argo Raharjo mengenai pencatatan dan perhitungan yang masih secara sederhana dan belum mampu menggali aspek bisnis koperasi lainnya seperti pada pengoptimalan manajemen produksi dan meningkatkan manajemen pemasaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian pada Koperasi Sapto Argo Raharjo meliputi sosialisasi kepada para peternak sapi untuk mengoptimalkan manajemen produksi susu sapi, melakukan pelatihan dan pendampingan kepada pengurus Koperasi Sapto Argo Raharjo mengenai pembaruan sistem pelaporan keuangan pada aplikasi Ms. Excel, dan meningkatkan manajemen pemasaran dengan memperbarui tampilan sosial media pada akun Koperasi Sapto Argo Raharjo dan pembuatan brand untuk kemasan produk susu. Hasil dari kegiatan pengabdian ini mampu memberikan peningkatan terhadap manajemen khusunya manajemen produksi dan manajemen pemasaran, serta sistem pelaporan keuangan pada Koperasi Sapto Argo Raharjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fidiena, Annida. Dkk. (2020). Strategi Pemasaran Susu Sapi Perah Di KUD Musuk Kabupaten Boyolali. Agrineca. Vol. 20. No. 1.
Hanif, A., Rini, D. D. O., & Eviyanti, A. (2021). Pendampingan Tata Kelola Keuangan Pada Kopersi Dinar Amanta Di Era Pandemi Covid 19. In Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri (Vol. 2, No. 2, pp. 56-60).
Kustiandi, Januar. dkk. (2020). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pelatihan Diferensiasi Produk Olahan Susu Sapi Desa Ngembal. Jurnap Graha Pengabdian. vol. 2, no 3, 242-249
Muhammad, A. F. (2020). Penembangan SDM dan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Pengelolaan Susu Sapi Perah di Desa Mulyosari Pagerwojo Tulungagung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarat, 81
Safelia, Nela. Dkk. (2015). IbM Pada Koperasi Di Kota Jambi dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan Koperasi Dengan Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3. No. 3.
Suryana, dkk. (2019). Peningkatan Pemahaman Tata Kelola Koperasi, Pelaporan Keuangan dan Perpajakan Koperasi Bagi Pengurus Koperasi Se-Jawa Barat. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi. Vol. 5. No 1.
Undang-undang dasar 1945 Pasal 33 ayat (1) dan ayat (4).
Published
2022-02-17