SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SEDERHANA DALAM MENGEMBANGKAN INTELEKTUAL ANAK DALAM BELAJAR DI SMA SWASTA NURUL ILMI PADANGSIDEMPUAN

  • sriutami Kholilah Siregar
  • elnila caniago
Keywords: sosialisasi intelektual anak

Abstract

Pendidikan merupakan tempat siswa dalammenimbah ilmu pengetahuan. Banyak hal yang dibutuhkan siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajarnya. Hal ini menjadi tugas seorang guru dalam mengembangkan media belajar, metode, strategi bahkan model dalam mengajarnya.

Media pembelajaran mempunyai peranan sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Media merupakan sarana atau alat komunikasi dalam pembelajaran. Pendidik seharusnya menguasai bagaimana cara menetapkan media pembelajaran, memilih dan atau membuat media, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi guru ketika akan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Berbagai hambatan tersebut antara lain anggaran sekolah relatif rendah untuk keperluan pembelian media, sekolah belum memiliki sistem kelistrikan danatau sambungan internet yang memadai untuk kasus sekolah pada daerah terpencil dan terisolasi. Media sering tidak menjangkau substansi kelokalan sekolah, mahal, dan terdapat keterbatasan dari sisi ketersediaan dan kapasitas ruang laboratorium sekolah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan kreativitas guru untuk membuat media pembelajaran, terutama media pembelajaran sederhana media sederhana.

            Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidempuan pada  Tanggal 22 Juni 2021. Target yang ingin dicapai dari pelaksanaan pengabdian untuk mengembangkanminatbelajar anak untuk mengetahui media sederhana yang bisa di gunakan dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Sari, D.E dan Yuhdi, A. 2017. Desain Media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Modul Mata Kuliah Desain Media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

[2]. Arsyad, A. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bruner, J.S. 1966. Towards a Theory of Instruction. Cambridge: Harverd University.

[3]. Dananjaya, U. 2011. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.
Rahadi, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

[4]. Sadiman, dkk. 1990. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

[5]. Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta kencana: prenada media group.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Stan
Published
2021-10-23