RUMAH INTERNET PELAJAR (RUMINJAR) AS LEARNING FACILITY DURING COVID19 FOR STUDENTS IN SOPOTINJAK VILLAGE, BATANG NATAL

  • Elizon Nainggolan
  • friska indria harahap
  • anggita damanik
  • hesty lidya
  • putri anggina
Keywords: : Pembelajaran Online, Belajar dari Rumah, Masalah Jaringan

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 yang melanda seluruh dunia mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah perubahan dalam proses pembelajaran di lingkungan pendidikan baik dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Pembelajaran yang awalnya bertumpu pada kuliah tatap muka beralih ke pembelajaran secara daring. Tidak banyak peserta didik maupun mahasiswa harus berusaha agar bisa tetap mengikuti proses pembelajaran daring. Oleh karena itu tujuan dari penelitian in I adalah untuk mengetahui permasalahan/kendala yang sering dihadapi pelajar maupun mahasiswa selama pembelajaran online serta mengetahui peran dari Ruminjar dalam keefektifan pembelajaran online di Desa Sopotinjak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dimana semua data yang diambil berdasarkan jurnal, buku berikta, maupun pengamatan langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Christianto, H. (2020). Penggunaan Media Internet dalam Pemenuhan Hak atas Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Hak Asasi Manusia dan Hukum Pidana. Jurnal HAM, 11(2), 239-253.

[2]. Handarini, O. l., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran(JPAP), 8(3), 496-503
[3]. Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID- 19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.

[4]. Hutauruk, A. J. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemic di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualitatif deskriptif. Sepren, 2(1), 45-45

[5].Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

[6]. Padli,F., & Rusdi, R. (2020). Respon siswa dalam pembelajaran online selama pandemic Social Landscape Journal, 1(3), 1-7.

[7]. Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 15-22.

[8]. Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

[9]. Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.

[10]. Sriwihajriyah, N., Ruskan, E. L., & Ibrahim, A. (2012). Sistem Pembelajaran dengan e- learning untuk persiapan ujian nasional pada SMA Pusri Palembang. Sriwijaya Journal Of Information Systems, 4(1), 130941

[11].Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100-115.

[12]. Wulandari. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Kewirausahaan melalui Lesson Study Berbasis Pantai dan Laut. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), Vol. 5 No. 2.
Published
2021-10-23