PENGEMASAN DAN PEMASARAN NATA DE COCO PRODUKSI RUMAH TANGGA SEBAGAI BENTUK PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT DI KELURAHAN PADANG MATINGGI LESTARI KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN SELATAN, SUMATERA UTARA

  • rizky febriani Pohan
Keywords: nata de coco, kemasan, pemasaran, kepuasan konsumen, home industri

Abstract

Nata de coco merupakan produk yang dihasilkan dari proses fermentasi air kelapa. Nata de coco merupakan makanan kesehatan yang kaya akan serat, namun rendah kalori. Nata de coco mengandung sekitar 98% air, 0,2% lemak, 0,012% kalsium, 0,002% fosfor dan 0,0017% vitamin B3. Produk ini memiliki kandungan serat yang tinggi, antara lain: selulosa, hemiselulosa, lignin dan serat larut air. Manfaat nata de coco untuk kesehatan antara lain: menurunkan kolesterol, menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes, mencegah sembelit, mengontrol berat badan (mencegah obesitas), mencegah kanker usus besar dan bermanfaat bagi mikroflora di usus besar. Program pelatihan pengemasan dan pemasaran nata de coco ini merupakan kegiatan pelatihan tentang cara pengemasan nata de coco yang baik dan benar serta strategi pemasarannya agar produk tersebut meningkatkan kepuasan konsumen. Peserta pelatihan ini adalah para mitra dan ibu-ibu PKK Desa Padang Matinggi Lestari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Tujuan dari program pelatihan pengemasan dan pemasaran nata de coco ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat di Desa Padang Matinggi Lestari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Sumatera Utara tentang cara mengemas nata de coco yang baik dan benar serta memberikan motivasi untuk membuat strategi pemasaran rumahan. produk industri. Program pelatihan pengemasan dan pemasaran nata de coco mendapat respon positif dari mitra dan ibu PKK, terbukti dengan minat mitra dan ibu PKK dengan diskusi antara pembicara dan mitra dan ibu PKK saat sesi tanya jawab. Adanya rasa ketertarikan dari mitra dan ibu-ibu PKK terhadap nata de coco merupakan kemudahan yang mendukung program ini dapat berjalan dengan lancar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Bakti, D., Ridwansyah, & Nuriadi, I. (2018). Penerapan Teknologi Pengolahan Limbah Kelapa Sebagai Pupuk Organik dan Nata De Coco. Abdimas Talenta, 3(1), 90-97.
[2]. Farida, A., Rahmawati, R., Asnawi, H.S., & Saputra, A.A. (2021). Pemberdayaan Pembuatan Nata De Coco Bahan Limbah Air Kelapa Pada Fatayat NU Metro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4(1), April 2021, e-ISSN 2560-5300, 41-51.
[3]. Kusumawaty, Y. (2007). Strategi Pemasaran Nata De Coco Berdasarkan Preferensi Konsumen CV Citra Pangan Mandiri. Jurnal Ilmiah Pertanian, 4(1), Agustus 2007, 8-18.
[4]. Saputra, Y.E.. (2009). Daya Tarik Nata De Coco Produk Kaya Serat. http://www.chem-is-try.org.
Published
2021-10-23