PENERAPAN LABORATORIUM ALAM DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)

  • soripada ..
  • jainal abidin
  • eni sumanti nasution
  • andi saputra mandopa
Keywords: Laboratorium Alam, Karakter Siswa

Abstract

Laboratorium alam merupakan suatu pengenalan alat-alat praktikum yang langsung didapatkan di tempat sekitar. Penerapan laboratorium alam pada sekolah luar sangat berguna karna di sekolah luar biasa kita dapat jumpai siswa-siswa yang memiliki kekurangan dari segi fisik. Sekolah luar biasa di hutaimbaru memiliki kekurangan diantaranya tuna rungu, tuna grahita dimana siswa disini dari segi tidak dapat mendengar, sehingga dalam kegiatan pengabdian ini digunakan praktikum secara langsung melalui alat-alat yang dijumpai di tempat tersebut, sehingga siswa tersebut lebih paham dan karakter siswa lebih terasah. Hal ini karena siswa mengetahui bahwa dengan laboratorium alam ini siswa secara tidak langsung mengetahui pembelajaran yang diperoleh di sekolah bisa didapatkan melalui pengalaman langsung siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Amien, M. (1979). Apakah Metoda Discovery-Inquiry Itu ?.Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
[2]. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga.Jakarta: Balai Pustaka
[3]. I Nyoman Bayu Pramartha, 2015. Sejarah Dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar Bali. Jurnal HISTORIA Volume 3, Nomor 2 : 67-74
[4]. Mahabbati, A., Purwanta, E., Rudiyati, S., & Purwandari, P. (2016). Pendampingan Guru dalam Peningkatan Kemampuan Penyusunan Program Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Luar Biasa. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 12(2), 67-76.
[5]. Setyabudi, I., & Hastutiningtyas, W. R. (2017). Konsep Taman Pekarangan Sebagai Zona Terapi Dan Edukasi Bagi Anak Autis (Studi Kasus: Sekolah Luar Biasa (Slb) Sumber Dharma Malang). Jurnal Lanskap Indonesia, 9(1), 52-62.
[6]. Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.
Published
2021-10-23