PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI BELAJAR DARING GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM MEETING BAGI ANAK USIA SEKOLAH DI DESA HUTA PADANG

  • erwina azizah hasibuan
  • al wendi
Keywords: Belajar Daring, Google Classroom, Zoom Meeting

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan proses belajar mengajar dilaksanakan dari rumah, dengan memanfaatkan media pembelajaran classroom dan zoom meeting Tujuan dari kegiatan pelatihan pembelajaran daring google classroom dan dan zoom meeting bagi anak usia sekolah di desa Huta Padang adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru bagaimana cara melakukan dan mengembangkan pembelajaran daring sehingga bisa melakukan pembelajaran dari rumah. Pentingnya pelatihan pembelajaran daring ini, untuk menyiapkan guru dan sekolah dalam proses pembelajaran daring agar berjalan sebagaimana mestinya. Adapun Langkah langkah yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah pertama, menerapkan protokol Kesehatan sebelum dan sesudah melaksankan pelatihan. Kedua, memperkenalkan tentang pembelajaran daring kepada anak-anak siswa. Ketiga, menjelaskan tentang google classroom dan cara penggunaannya. Dan keempat praktik pengunaan google classroom. Dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan didapatkan hasil bahwa peserta pelatihan dapat memahami materi pelatihan dengan baik dan mengembangkan pembelajaran daring google classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di. 2(1), 55–61

Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar. JPMB :Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2),189–198.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.
Published
2021-10-23