PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL PADA GENERASI Z DI SMK NEGERI 1 RANGKAS BITUNG
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya pemahaman literasi keuangan digital bagi generasi Z. Kegiatan ini adalah kegiatan yang lebih mengutamakan kepada aktivitas nyata yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dalam PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Kolaborasi, sehingga keberadaannya di tengah masyarakat dapat memberikan manfaat, khususnya warga masyarakat yang berada di lokasi PKM. Dengan adanya Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini, mendekatkan lembaga pendidikan dengan masyarakat, sehingga perguruan tinggi dapat membantu masyarakat dalam bidang edukasi, penyuluhan, pengembangan sumber daya insani dan pengetahuan. Target yang dipilih adalah para remaja atau siswa siswi SMKN 1 Rangkasbitung yang produktif dan penuh semangat. Berdasarkan survei yang dilakukan kelompok, diketahui bahwa masih kurangnya pemahaman yang dimiliki oleh siswa dan siswi SMKN 1 Rangkasbitung, terutama dalam hal pemahaman dan pemanfaatan keuangan digital di era sekarang ini, agar tidak terjadi penyalahgunaan atau pemanfaatan keuangan digital saat ini oleh para generasi z maka dipilih lah Literasi Keuangan Digital agar para siswa-siswi SMKN 1 Rangkasbitung dapat mengetahui, memahami dan menerapkan pemahaman keuangan digital tersebut dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, rumah dan lingkungan sosial.
Downloads
References
Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42
Astutie, Y. P., Hapsari, I. M., & Subroto, S. (2023). Literasi Keuangan Digital untuk Menumbuhkan Minat Investasi pada Siswa SMKN 1 Tegal. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 351. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11175
Dafiq, B. I., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Pengaruh literasi keuangan, literasi digital, digital marketing, brand image dan word of mouth terhadap minat generasi z pada bank syariah. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 4971–4982. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1856
Fisabilillah, L., Seno Aji, T., & Setiawan Prabowo, P. (2021). Literasi Keuangan Digital Sebagai Upaya Pembekalan UMKM Kampung Binaan Go Digital. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2.501
Nani, D. A., Ahluwalia, L., & Novita, D. (2021). PENGENALAN LITERASI KEUANGAN DAN PERSONAL BRANDING DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI Z DI SMK PGRI 1 KEDONDONG. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 43. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1313
Safitri, N., Permadi, I., & Fathussyaadah, E. (2022). LITERASI KEUANGAN DIGITAL, KEBERLANJUTAN USAHA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN KEUANGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1203–1214. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2478
umardi, S., & Habibi, P. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan untuk Gen Z di SMK. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 83–92. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2253
Syathiri, A., Asngari, I., Putri, Y. H., Widyanata, F., & Wahyudi, H. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Digital Syariah Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Raudhatul Ulum Desa Sakatiga Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. BEGAWI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–20. https://doi.org/10.23960/begawi.v1i1.4