PEMBERDAYAAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF DAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PENGUSAHA UMKM DI KELURAHAN AEK PINING

  • Nirmala Haty Hrp Manajemen
  • Nur Delila Universitas Graha Nusantara
Keywords: Ekonomi Produktif, Kewurausahaan, UMKM

Abstract

 Pengabdian Masyarakat ini dilakukan di Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batang Toru. Peserta kegiatan ini adalah pelaku UMKM di Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batang Toru. Tujuan diadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan usaha ekonomi produktif dan kewirausahaan, meningkatkan produktifitas kerja, meningkatkan penghasilan dan menciptakan kemitraan usaha yang saling menguntungkan yang ditujukan bagi masyarakat secara perorangan khusus nya pelaku UMKM. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan melalui pra-survei,  yaitu melakukan kunjungan ke Kelurahan aek Pining dan melihat potensi UMKM yang ada di Kelurahan Aek Pining. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program berupa sosialisasi. Sosialisasi dilakukan dengan cara mengumpulkan para pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Aek pining dan melakukan presentasi materi Pemberdayaan Ekonomi ProduktifDan Kewirausahaan. Tahap terakhir adalah pelaporan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan pelaku UMKM memahami akan materi yang telah disampaikan, hal ini dapat dilihat ketika para pelaku UMKM sangat antusias pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dan hal ini dapat dilihat dari  banyaknya pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Setelah kegiatan pengabdian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini selesai para pelaku UMKM banyak yang termotivasi dan berkeinginan untuk lebih mengembangkan UMKM nya dan diharapkan juga mampu untuk membuka / merintis UMKM baru dan juga berkeinginan untuk memperoleh informasi dan mendapat pengetahuan tentang ekonomi produktif dan  kewirausahaan beserta cara mengaplikasikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, N. E. A. (2022). Kewirausahaan. CV Rey Media Grafika.

Wau, H. (2022). Buku Kewirausahaan UMKM di Desa. PUBLISH BUKU UNPRI PRESS ISBN, 1-69.

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Ugm Press.

Banjarnahor, A.R., Hariningsih, E., Mathory, E.A.S., Yusditara, W., Fuadi, F., Muliana, M., Handiman, U.T., Elistia, E., Sisca, S., Rimbano, D. and Jatiningrum, C., 2022. Teknologi Digital Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis.

Pudyastuti, E., Siregar, H., Purba, M., Yusditara, W. and Samosir, H. (2022) “PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KECIL MENENGAH”, Eqien - Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), pp. 459 -. doi: 10.34308/eqien.v11i04.1298.

Silviana Batubara, Diana Sari Harahap, Nirmala Haty Hrp and Fithra Maharani (2021) “Analysis of the Impact of Using E-Commerce in Increasing Sales Turnover of Micro, Small and Medium Enterprises in Padangsidimpuan City”, International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 2(5), pp. 1008–1014. doi: 10.51601/ijersc.v2i5.155.

Harahap, N. H., Nurdelila, N., & Shanty, A. M. M. (2022). Analysis of the Factors Influencing Shopping Decisions inOnline Shop Students in the Management Economics Study Program at Graha Nusantara University Padamgsidimpuan. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 4(2).

Hasan, M., & Azis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal.

Diatmika, I. P. G., & Rahayu, S. (2022). Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal dan Peran Pemerintah. Ahlimedia Book.

Widodo, Z. D., Umiyati, H., Andriansyah, T. M., & Yudawisastra, H. G. (2022). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil.

Safitri, M. E., & Maryanti, E. (2022). Buku Ajar Kewirausahaan. Penerbit NEM.

Published
2023-10-30