SOSIALISASI KESELAMATAN BERKENDARA UNTUK MEMBENTUK GENERASI CERDAS TANGGAP LALU LINTAS

  • Isria Miharti Maherni Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Herol Herol Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Lukman Subangi Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Keselamatan Berkendara, Lalu Lintas

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu – lintas menandakan buruknya budaya keselamatan dalam berlalu lintas, terutama usia produktif dan pelajar. Pendidikan mengenai disiplin berlalu lintas menjadi hal yang langka baik di lingkungan keluarga maupun sekolah. Kedisiplinan berlalu lintas memang sangat penting untuk keselamatan di jalan raya. Untuk menumbuhkan kedisiplinan berlalu lintas pada masyarakat, sebaiknya dilakukan sosialisasi kepada usia produktif dan pelajar tentang keselamatan lalu lintas. Banyaknya pelanggaran berlalulintas pada usia produktif dan pelajar dikarenakan pada usia tersebut rasa ingin tahu dan ingin mencoba sangat tinggi, sehingga banyak sekali pelanggaran lalu lintas ini dilanggar oleh usia produktif dan pelajar. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai peraturan lalu lintas yang berlaku, pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang terjadi serta penyebabnya, dampak dari pelanggaran lalu lintas tersebut, serta sanksi-sanksi yang diberikan atas pelanggaran yang dilakukan.Pada awal sosialisasi peserta digali akan pemahamannya tentang rambu-rambu lalu lintas sebagai pre-test dan untuk mengetahui pemahaman peserta sosialisasi terhadap pentingnya keselamatan berkendara, setelah pemberian materi, kemudian dilakukan post-test. Dari hasil pengujian T-test menggunakan bantuan program Microsoft Excell bahwa hasil pretest berpengaruh signifikan terhadap hasil posttest, artinya pemberian sosialisasi tentang keselamatan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan remaja di nagari Air Bangis dalam rangka keselamatan berkendara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rakhmani, Feti 2013 Kepatuhan Remaja dalam Berlalu Lintas Pontianak Universitas Tanjungpura Sociodev, Jurnal S-1 Ilmu Sosiatri Volume 2 Nomor 1.

Dinas.Perhubungan.Kota.Padang.Tahun.2014-2019.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan

Saputra, Muchammad Denny dan Nida Amalia. 2021. Hubungan Penggunaan Media Massa dengan Tingkat Resiko Pernikahan Usia Dini di Samarinda. Jurnal BSR (Borneo Student Research), 2 (3) : 1944-1949.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan.

Annisa Hidayati dan Lucia Yovita Hendrati (2016) Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Berdasar Pengetahuan, Penggunaan Jalur, dan Kecepatan Berkendara.

Jurnal Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga:Surabaya.

Eni Mahawati dan Jaka Prasetya, (2016). Analisis Penggunaan Handphone Saat Berkendara. Terhadap Potensial Kecelakaan Lalu Lintas pada Remaja di Semarang Jurnal Fakultas Kesehatan: Universitas Dian Nuswantoro.

J.Anggilia Gustiana dan Yusmar Yusuf (2014) Faktor.-.Faktor yang Mempengaruhi Pelajar SMP Mengemudikan Sepeda Motor Tanpa Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Studi SMP Negeri 34 Pekanbaru Jurnal Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan lmu Politik : Universitas Riau

Published
2023-10-30