PENGENALAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KEPADA MITRA EDUKASI SMP PUSPITA BANGSA MELALUI DRAMA PERFORMANCE

  • Bambang Irawan Universitas Pamulang
  • Alfiya turohmah Universitas Pamulang
  • I Nyoman KrisnaArkandea Universitas Pamulang
  • Natalia Carolina Universitas Pamulang
Keywords: Drama Performance, Pengabdian Masyarakat, Pembentukan Karakter

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat dapat memberikan dampak baik maupun kurang baik bagi perkembangan generasi muda khususnya mereka yang duduk dibangku  SMP. Jika tidak disikapi dengan bijak, perkembangan teknologi ini dapat menghambat pembentukan karakter siswa-siswi SMP khususnya SMP Puspita Bangsa yang merupakan mitra dalam kegaiatn pengabdian ini. Berdasarkan hasil observasi, terdapat berbagai persoalan moral yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi khususnya sosial media dan game online. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Solusi yang ditawarkan adalah pengenalan pembentukan karakter bagi siswa-siswi SMP Puspita Bangsa melalui drama performance. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah pemaparan materi terkait pentingnya pembentukan karakter, kuis, pementasan drama dan diskusi terkait pesan moral yang dapat diambil dari drama yang sudah dipentaskan tersebut. Dari hasil kegiatan, dapat terlihat bahwa siswa-siswi SMP Puspita Bangsa memahami pesan-pesan moral baik pesan moral negative  untuk dihindari maupun pesan moral positif untuk ditiru yang terdapat dalam pementasan drama berjudul Cinderella.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A., Nurhayati, N., Suhendi, D., & Vianty, M. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Pementasan Drama Berbasis Syair Perang Menteng Menggunakan Macromedia Flash (Effectiveness of Learning Media for Drama Performances Based on Syair Perang Menteng Using Macromedia Flash). Indonesian Language Education and Literature, 8(1), 86-99.

Brusila, J. (2021). Self-Ironic Playing with Minority Identity: Humorous Web Music Videos as an Empowering Tool among Swedish-Speaking Finns. Senri Ethnological Studies, 105, 31–46.

Hetilaniar, H. (2018). Pementasan Drama Sebagai Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Nanda, E.S., & Hayati, Y. (2020). Struktur dan Nilai Sosial dalam Dongeng Cinderella dan Cerita Putri Arabella: Kajian Sastra Bandingan. Jurnal LINGUA SUSASTRA, 1(1), 10-19.

Nuha, N.U. (2021). Nilai Moral Kehidupan dalam Cerita Dongeng Cinderella Karya Charles Perrault, diakses pada 20 Juli 2023, https://www.impiannews.com/2021/11/nilai-moral-kehidupan-dalam-cerita.html?m=1

Siregar, N., Lina, E.R., Sri, D.H., & Ito, A.S. (2022). Pembentukan karakter siswa melalui disiplin di SMP Negeri 6 Padang Bolak Desa Napagadung Laut. Jurnal Adam IPTS, 1(2), 214-219.

Syahfitri, D., Sari, W., & Hasibuan, E. A. (2023). Sosialisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Tradisi Makkobar Upacara Adat Pernikahan bagi Pihak Hatobangon Masyrakat Kampung Sipirok. Jurnal Nauli, 2(2), 18-26.

Tambulon, R. A., & Nasution, K. K. (2023). Sosialisasi Dampak Media Sosial Terhadap Pernikahan Dini di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal Nauli, 2(3), 8-13.

Published
2023-10-29