STRATEGI MENCIPTAKAN GOOD AND CLEAN GOVERNMENT DI DESA AEK HITETORAS KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Sosial

  • Nurintan Asyiah Siregar Universitas Labuhanbatu
  • Zulkifli Musannip Efendi Siregar Program Pascasarjana Universitas Labuhan batu
  • Charles Mangungsong
Keywords: Good and Clean Government, Prinsip Good Governance

Abstract

Tata pemerintahan yang baik dan bersih (Good and Clean Government) adalah seluruh aspek yang berkaitan dengan kontrol dan pengawasan attas kekuatan pemerintah dalam menjalankan fungsinya melalui institusi formal dan informal. Pengelolaan yang lebih serius, transparan, dan terarah dari berbagai bidang kehidupan seperti politik, hukum, ekonomi, sosial, dan budaya diperlukan untuk menuju pemerintah yang baik dan bersih. Pengelolaan ini juga harus melibatkan seluruh bangsa untuk bangkit dari keterpurukan dan kehinaan di mata dunia. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan birokrasi pemerintahan Desa Aek Hitetoras dengan mengutamakan kepentingan umum dan meningkatkan kualitas pelayanan bernegara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agoes, 2013. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja SDM Pada PTPN III Persero Tanjung Morawa. Jurnal. Universitas Sumatra Utara
Amirul, M., Muis, H., & Rusli, A. M. (2014). Analisis Implementasi Good Governance dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Panakukkang Kota Makassar. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 7(2), 73–82.
Djalil,Rizal.2014. Akuntabilitas Keuangan Daerah Implementasi Pasca Reformasi.Jakarta:PT Semesta Rakyat Merdeka
Mardiasmo. 2018. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI
Yenny. (2013). Prinsip-Pronsip Good Governance Studi Tentang Penerapan Prinsip-Prinsip Good governance Dalam Pelaksnaan Pelayanan Publik di Kantor Camat Samarinda Utara Kota Samarinda. EJournal Ilmu Administrasi Negara, 1(2), 196–209.
Yunus, N. R. (2016). Menciptakan Good and Clean Government Berbasis Syariah Islamiyah Dalam Tatatkelola Pemerintahan Republik Indonesia.
Published
2023-06-30
Section
Articles