PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI E LEARNING EDMODO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA INGGRIS

Pendidikan

  • Nursaima Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Lisa Fitri Meidipa Universitas Graha Nusantara
  • Yulia Rizky Ramadhani Damanik Universitas Graha Nusantara
Keywords: Kearifan Lokal, E-Learning, Edmodo, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal melalui platform e-learning Edmodo. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru dan siswa bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan literasi bahasa Inggris siswa dan menjadi sumber dan media pembelajaran yang efektif. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran, diperlukan bahan ajar berbasis kearifan lokal melalui platform E-Learning Edmodo. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan perangkat modul. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal yang disajikan melalui Edmodo E-Learning telah divalidasi dan dinyatakan valid dalam aspek kelayakan isi (3), aspek kebahasaan (3,375), dan aspek kelayakan penyajian (3,4). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27% setelah menggunakan bahan ajar ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipurnomo, Haryono. 2006. Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 tahun 2006: Standar Isi. Jakarta: BSNP.

Yusufhadi, Miarso. (2015). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.

Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Kemendiknas.

Dwi, D. F., Warman, C., Febrianata, E., & Sulistiana, I. (2023). OPTIMALISASI PLATFORM DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA TANJUNG LESUNG. Jurnal Nauli, 2(2), 1-11.

Fajarini, Ulfah. 2014. “Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan karakter”. Sosio Didaktika. December 2014. Vol 1, Nomor 2.

Gobyah, I Ketut. 2003. Pengenalan Keraifan Lokal Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta

Husnan, M, dkk. 1993. Sumber Belajar dan Alat Peraga. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Iful, Amri, dkk. 201). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web untuk Mata Kuliah Fisika Inti. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vo. 2, No. 1.

Kisia, dkk. 2010. Kearifan Lokal Masyarakat Bali. Denpasar: Pelita Bangsa

Koesnandar. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. (Online) tersedia di http://www.teknologipendidikan.net diakses tanggal 15 April 218

M.A.Ghufron.(2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Jurnal Semiar Nasioanal dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat.

Nisa, Hani Uswatun dan Teguh Supriyanto. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa”. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Seloka 5, edisi 2 tahun 2016

Owon, Robertus Sarjono Adi. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP”. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol 3, 528- 541.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Meidipa, L. F., Siregar, R. K., Harahap, R., & HARAHAP, N. (2023). SOSIALISASI APLIKASI PENGGUNAAN APLIKASI BAHASA INGGRIS UNTUK MELATIH SPEAKING PADA MASYARAKAT DESA MUARATAIS II. Jurnal Nauli, 2(2), 27-32.

Published
2023-06-30
Section
Articles