SOSIALISASI DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERNIKAHAN DINI DI SMP NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN

  • Jenny yelinarambe Universitas Graha Nusantara
  • Ris Artalina Tambulon Universitas Graha Nusantara
  • Khoirul Kholik Nasution Universitas Graha Nusantara
Keywords: Dampak Media Sosial, Pernikahan Dini, Remaja

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada para remaja mengenai dampak penggunaan media sosial terhadap pernikahan dini. Pengabdian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Sosialisasi mengenai dampak media sosial ini diberikan kepada siswa siswi kelas IX. Tujuan dari sosialisasi ini adalah agar para siswa siswa paham mengenai dampak penggunaan media sosial baik secara positif dan juga negatif serta dengan adanya sosialisasi ini dapat mencegah angka pernikahan dini di kalangan remaja. Adapun langkah-langkah dari pengabdian ini adalah dengan memberikan materi mengenai kemajuan teknologi, media sosial, dampak positif dan negatif penggunaan media sosial, pengetahuan tentang pernikahan dini, dampak pernikahan dini kepada remaja. Setelah melakukan sosialisasi mengenai dampak media sosial terhadap pernikahan dini pada akhir kegiatan memberikan kesempatan kepada siswa siswi untuk memberikan tanggapannya serta melakukan tanya jawab mengenai media sosial terhadap pernikahan dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Rahmandika Syahrial. 2019. Peran Media Sosial Dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja Di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Skripsi. Surabaya: Program Studi Sosiologi, Universitas Airlangga.

Asnuddin dan Asrini Mattrah. 2020. Penggunaan Media Sosial dan Peran Orang Tua Terhadap Kejadian Pernikahan Dini. Jurnal Kesehatan, 14 (3) : 445-451.

Jayani, Dwihadya. 2020. Rata-Rata Waktu Yang Dihabiskan Pengguna Internet Umur 16-24 Tahun. https://www.databoks.katadata.co.id.

Maharrani, Anindhita.2021. Perwakinan Usia Dini Terlarang, tapi Masih Tinggi. https://lokadata.id./artikel/perkawinan-usia-dini-masih-tinggi.

Nasurrulla, Rulli. 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Pusparisa, Yosepha. 2020. Pernikahan Dini Melonjak Selama Pandemi. https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5f617a815b5/pernikahan-dini-melonjak-selama-pandemi.

Politton, Mariana.2020. Daftar 10 Media Sosial yang Paling Diminati di Indonesia. https://www.popbela.com/career/inspiration/mariana-politton/daftar-media-sosial-yang-paling-diminati-di-indonesia/9.

Rambe, Jenny Yelina dan Ris Artalina Tampubolon. 2023. Pengaruh Media Sosial Terhadap Penikahan Dini Di Masa Covid-19 Di Kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Education and Development 11 (1) : 341-344.

Saputra, Muchammad Denny dan Nida Amalia. 2021. Hubungan Penggunaan Media Massa dengan Tingkat Resiko Pernikahan Usia Dini di Samarinda. Jurnal BSR (Borneo Student Research), 2 (3) : 1944-1949.

Syahfitri, D., Sari, W., & Hasibuan, E. A. (2023). SOSIALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TRADISI MAKKOBAR UPACARA ADAT PERNIKAHAN BAGI PIHAK HATOBANGON MASYRAKAT KAMPUNG SIPIROK. Jurnal Nauli, 2(2), 18-26.

Published
2023-06-30
Section
Articles