SOSIALISASI LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI LINGKUNGAN 1 KELURAHAN KAYOMBUAN KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN UTARA

  • Elissa Evawani Tambunan Prodi Bahasa Inggris Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Ali Padang Siregar Pendidikan Sejarah Universitas Graha Nusantara
  • Aryani Hasugian PKn Universtas Graha Nusantara
Keywords: Literasi, Minat, Minat Baca

Abstract

Dalam dunia globalisasi saat ini segala sesuatu berkembang dengan pesat, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Dalam meningkatkan pengetahuan dan mengetahui dunia luar membaca sangat dianjurkan kepada anak-anak. Begitu juga dengan halnya di lingkungan 1 kayombun dimana di lingkungan ini dalam literasi sangat rendah sehingga berpengaruh kepada minat baca anak. Di dalam era sekarang literasi dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya membaca. Literasi di bedakan dalam literasi membaca maupun numerasi. Terutama literasi dalam hal ini membaca salah satu yang perlu digalakkan agar minat membaca meningkatkan melalui sosialisasi literasi dilakukan di lingkungan 1 Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kelurahan Kayombun. Dalam kegiatan ini dilakasankan di bulan januari dan prosedur yang dilakukan adalah mulai dari observasi, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam menganalisis data digunakan melalui kuantitatif dan kualitatif untuk melihat hasil dari kegiatan ini. Adapun kesimpulan adalah dengan sosialisasi melalui literasi ini meningkatnya minat membaca anak dan semua ini dipengaruhi tidak hanya orangtua, guru tetapi juga lingkungan memberikan peranan penting dalam meningkatnya minat baca anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharma, K. B. (2013). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca SIswa di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakrta: Dirjen Dikdasmen.

Fanta-Vagenshtein, Y. (2011). Literacy and second language intervention for adult HebrewSecond Language (HSL) Learners. Journal of Language and Literacy Education 7 (1),79-94. [Online].Tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1097242.pdf

Gewati. (2016). No Title. Retrieved from http://edukasi.kompas.com/read/2016/0/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia

H. Dalman, (2014). Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana mencerdaskan bangsa. Jurnal ilmu perpustakaan, 2(2), 80-95.

Kemendikbud. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan 06 Desember 2016.

Manurung, Jendri Leddoin. 2022. Literasi Kitab Suci Yang Sederhana dan Praktis di SMA Negeri 1 Sipora, Kabupaten Mentawai. Jurnal Nauli 2 (1) 44-52

Permendikbud (2016.) Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendididkan.

Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.

Sormin, Masdelima Azizah. (2022). PKM Bimbingan belajar bagi anak-anak panti asuhan hayat kota Padangsidimpuan. Jurnal Nauli. 1(2), 42-45

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. JurnalSekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123.

Ruslan, dan Sri Hayu Wibayanti (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 12 Januari 2019. : 767-775.

Published
2023-02-06
Section
Articles