PENDAMPINGAN BELAJAR BACA TULIS HITUNG (CALISTUNG) SISWA KELAS 1 MELALUI FUN LEARNING DAN INDIVIDUALIZED EDUCATIONAL PROGRAM DI MI MA’ARIF DEPOKREJO KEBUMEN

Pendidikan

  • Niken Lestari Niken Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Abdah Jalalatul Farokhah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen
  • Fany Nur Amalia Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen
  • Kuni Fajriyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen
  • Sifa Rahma Alida
  • Umdatus Sukriyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen
Keywords: Pendampingan, Baca, Tulis, Hitung

Abstract

Penerapan program pendampingan calistung guna meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung pada siswa kelas rendah di MI Ma'arif Depokrejo Kebumen yang beberapa diantara siswa kelas rendah masih memiliki kesulitan dalam hal tersebut. Oleh karena itu perlu diadakannya pendampingan belajar bagi siswa yang masih kesulitan dalam belajar. Pengabdian ini bertujuan untuk Untuk mengatasi masalah dan membantu masalah siswa kelas rendah yang mengalami hambatan pada proses belajar baca, tulis, dan hitung (calistung), membantu siswa untuk lebih menguasai baca, tulis, dan hitung (calistung), membantu guru dalam mengajar anak terkait baca, tulis, dan hitung (calistung), membantu meringankan beban orang tua dalam mengajar baca, tulis, dan hitung (calistung) anak-anak di rumah. Jenis pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action and Learning System (PALS). Metode pembelajaran dilakukan dengan metode fun learning berkolaborasi dengan individual system dan Individualized Educational Program (IEP). Artikel ini membahas terkait pentingnya baca, tulis, hitung untuk anak kelas 1. Selain itu, juga terdapat metode-metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendampingan baca, tulis, dan hitung. Pendampingan yang dilakukan dalam jangka waktu 7 kali pertemuan ini memberikan hasil yang baik dengan peningkatan minat belajar anak dan peningkatan pemahaman terkait baca, tulis, dan hitung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gultom, F. D. (2022). SOSIALISASI PENINGKATAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI DI SD NEGERI 100103 KECAMATAN ANGKOLA BARAT TAPANULI SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022. Jurnal Nauli, 1(3), 35-42.

Kuntarto, E. (2013). Pembelajaran Calistung Membaca, Menulis, dan Berhitung. Modul Kuliah Program Studi PGSD FKIP Universitas Jambi, 53–61.

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Mustakim, U. S., Andriani, R. F., & Kamali, A. S. (2022). Pendampingan Kegiatan Belajar Kepada Pelajar Sekolah Dasar Di Desa Palurahan Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang. 4(1), 37–42.

Nurhalisah. (2010). PERANAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS Oleh: Nurhalisah *. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 192–210.

Pendampingan, P., Tua, O., Minat, T., Sukaluwei, D., Bangun, K., Serdang, K. D., & Damanik, K. K. (2020). Kurnia khairiyah damanik nim : 0301162122.

Rovik, R. (2017). Individualized Education Program (IEP) Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Slow Learner. Inklusi, 4(1), 93. https://doi.org/10.14421/ijds.040105

Sormin, M. A. (2022). PKM BIMBINGAN BELAJAR BAGI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN HAYAT KOTA PADANGSIDIMPUAN.Jurnal Nauli 1(2), 42–45.

Trimurtini, Muslikah, Bektiningsih, K., Widihastrini, F., & Susilaningsih, S. (2020). Optimalisasi pelayanan pembelajaran bagi anak slow learner dan pencegahan perundungan di sekolah inklusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 12–20.

Published
2023-02-03
Section
Articles