PELATIHAN TOEFL PREDICTION BERFOKUS PADA STRUCTURE DAN WRITTEN EXPRESSION BAGI ANGGOTA DIALEKTIKA

  • Bambang Irawan Universitas Pamulang
  • Umi Hani Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang
  • Mohammad Fajar Mediyawan Gintings Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang
Keywords: structure and written expression, TOEFL prediction, Training

Abstract

Abstrak

 

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language menjadi salah satu tes terstandar yang banyak digunakan tidak hanya dibidang pendidikan tetapi juga dibidang lain. Banyak instansi baik pemerintah maupun swasta mengharuskan pelamar kerja untuk memiliki sertifikat tersebut. Kegiatan PKM ini dilaksanakan berdasarkan hasil analisis permasalahan yang dihadapi oleh mitra terkait dengan tes TOEFL. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa mitra memiliki kendala dalam mengerjakan tes TOEFL pada bagian structure dan written expression. Terdapat dua permasalahan yang dihadapi oleh mitra terkait dengan structure dan written expression. Permasalahan pertama terkait dengan aspek knowledge dimana mitra kurang mengetahui aspek-aspek yang diujikan. Permasalahan kedua berkaitan dengan aspek skills dimana mitra kurang memahami cara-cara menjawab soal-soal pada bagian structure dan written expression. Kedua permasalahan yang dihadapi oleh mitra tersebut harus dipecahkan mengingat structure dan written expression bisa dikatakan bagian tersulit namun memiliki nilai konversi tertinggi. Untuk mengatasi permasalah mitra tersebut, kegiatan PKM kali ini menawarkan solusi berupa kegiatan pelatihan TOEFL prediction yang fokus kapada structure dan written expression. Pelatihan ini dibagi menjadi empat kegiatan, yaitu pre-test yang bertujuan untuk mengukur kemampuan mitra sebelum mendapatkan pelatihan, pemaparan materi yang merupakan treatment untuk memecahkan masalah mitra, latihan dimana mitra akan diminta mengerjakan latihan soal, dan post-test untuk mengukur kemampuan mitra setelah mendapatkan treatment.

 

Kata kunci: pelatihan, structure and written expression, TOEFL prediction

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmojo, A. E. P. (2018). Students' problems on SV agreement in TOEFL and their proposed solutions. Leksema: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(2), 169-175.

Ananda, R. (2016). Problems with section two ITP TOEFL test. Studies in English Language and Education, 3(1), 35-49.

Baker, M.H., & Abu, N.S.S. (2018). An Intelligent Tutoring System for Learning TOEFL. IJAPR, 2(12), 9-15.

Digitaleduka: 2022. Dalam Contoh Soal TOEFL Structure and Written Expression. Diakses pada 25 Oktober 2022, dari https://www.digitaleduka.com/artikel-ilmu-kunci-toefl/artikel/structure-and-written-expression

Fitria, N.T., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Test TOEFL untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen, dan Umum. Jurnal Budimas, 2(2), 173-180.

Fitria, N.T. (2021). An Analysis of the Students’ Difficulties in TOEFL Prediction Test of Listening Section. ENGLISHFRANCA, 5(1), 95-110.

Girsang, A.L., Marbun, F.V.G., Turnip, Y.A.M., & Saragih, E. (2019). An Analysis of Reading Comprehension Difficulties in TOEFL Test by High School Students. LEEA Journal, 3(1), 132-137.

Hasan, N.A. (2018). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan. Libria, 10(1), 95-115.

Hilke, R & Wedden, P. (1997). The Toefl and Its Imitators: Analyzing the Toefl and Evaluating TOEFL-Prep Texts. RELC, 28(1), 28–53.

Hasriani, G., Rahmad, R., & Mardiyanah, N. (2019). Pelatihan TOEFL bagi lembaga MAMMESA. Prosiding Seminar Nasional UNM, 4, 238-240.

Philips, D.,(2001). Longman Complete Course for The TOEFL TEST. New York: Addison-Wesley Longman, Inc.

Pyle, M.A. (2001). TOEFL CBT. Foster City: IDG Books Worldwide.

Siregar, R. K., Sibuea, E. R., Meidipa, L. F., Harahap, R., & Siregar, S. U. K. M. (2022). Sosialisasi Penggunaan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Produk Makanan Simatohir. Jurnal Nauli, 1(3), 1-10.

Slamet, J & Sulistyaningsih. (2021). Students’ Difficulties in Answering Structure and Written Expression TOEFL-like as STKIP PGRI Sidoarjo. E-Structural, 4(1), 17-27.

Published
2023-02-03
Section
Articles