OPTIMALISASI PLATFORM DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA TANJUNG LESUNG

Digital Marketing

  • Dwi Fitrianingsih Dwi Universitas Banten
  • Cecep Warman Universitas Banten
  • Eka Febrianata Universitas Banten
  • Indra Sulistiana Universitas Banten
Keywords: Desa Wisata, Platform Digital, Strategi Promosi, Tanjung Lesung

Abstract

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menjelaskan tentang strategi promosi  melalui platform  digital yang diterapkan di Desa  Wisata Tanjungjaya, Tanjung Lesung, Pandeglang, Provinsi Banten. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan oleh 132 dosen yang tergabung dalam Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten, diinisiasi untuk mengoptimalkan platform digital dalam promosi desa wisata. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dari beberapa pengunjung, dan pemaparan pejabat daerah terkait. Strategi promosi digital yang dilakukan adalah  dengan menggunakan website, dengan memanfaatkan media sosial terdiri dari facebook, Instagram, dan Youtube dan Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) yang melibatkan pelaku usaha dengan memanfaatkan marketplace.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Jaelani, T. F. H. (2021). Teknologi Digital, Keberlanjutan Lingkungan, dan Desa Wisata di Indonesia. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 6(237–244). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/article/view/9613/4067

Prakosa, A., Marwa, A., Titisari, D. A., & Astuti, V. D. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Keripik Ruky Ngudi Rejeki. Jurnal Nauli, 2(1), 17-23.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (n.d.). https://travel.kompas.com/read/2021/08/01/180600927/berapa-jumlah-desa-wisata-di-indonesia-?page=all

Khairul Hidayati, H. S. D. N. (2021). Pengelolaan Desa Wisata Bahari Berkelanjutan dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Syntax Admiration, 2(1). https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/168

Kotler. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 2. In Penerbit Erlangga.

Laura Therecia Samosir, I. G. A. O. M. (2020). Strategi Pemasaran Pantai Dream Island Di Mertasari Desa Intaran Sanur Kauh Kota Denpasar. JURNAL DESTINASI PARIWISATA, 8(2), 189–195. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2020.v08.i02.p04

Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja, I Putu Krisna Arta Widana, Putu Adi Suprapto, T. R. P. (2021). Developing Green Tourism-Based Model ofInformation Technology Utilization in Tourism Villages. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 5(2), 153–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31940/ijaste.v5i2.153-165

Santoso1, S., Pradipta2, S., Sumantono3, T., & Ari Ana Fatmawati4. (2021). pengembangan desa wisata berkonsep kapasitas. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 5(2), 71–85. http://ejournal.kemenparekraf.go.id/index.php/jki/article/download/204/56/794

Subekti, D. Y. dan S. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN BANDARA SOEKARNO HATTA DALAM MENDUKUNG DESTINASI PARIWISATA PRIORITAS TANJUNG LESUNG - PANDEGLANG DAN SEKITARNYA. Jurnal Transportasi Multimoda, 14(4), 177–192. https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/jurnalmtm/article/download/161/97

Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran (4th ed.).

Victoria Lelu Sabon1*, M. T. P. P., Koropit3, P. C. S., & Pierre4, W. C. D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada Asean Economic Community. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 163–176. https://smartlib.umri.ac.id/assets/uploads/files/095a5-5928-24074-1-pb.pdf

Published
2023-02-03
Section
Articles