OPTIMALISASI PLATFORM DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA TANJUNG LESUNG
Digital Marketing
Abstract
Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menjelaskan tentang strategi promosi melalui platform digital yang diterapkan di Desa Wisata Tanjungjaya, Tanjung Lesung, Pandeglang, Provinsi Banten. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan oleh 132 dosen yang tergabung dalam Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten, diinisiasi untuk mengoptimalkan platform digital dalam promosi desa wisata. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dari beberapa pengunjung, dan pemaparan pejabat daerah terkait. Strategi promosi digital yang dilakukan adalah dengan menggunakan website, dengan memanfaatkan media sosial terdiri dari facebook, Instagram, dan Youtube dan Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) yang melibatkan pelaku usaha dengan memanfaatkan marketplace.
Downloads
References
Aan Jaelani, T. F. H. (2021). Teknologi Digital, Keberlanjutan Lingkungan, dan Desa Wisata di Indonesia. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 6(237–244). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/article/view/9613/4067
Prakosa, A., Marwa, A., Titisari, D. A., & Astuti, V. D. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Keripik Ruky Ngudi Rejeki. Jurnal Nauli, 2(1), 17-23.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (n.d.). https://travel.kompas.com/read/2021/08/01/180600927/berapa-jumlah-desa-wisata-di-indonesia-?page=all
Khairul Hidayati, H. S. D. N. (2021). Pengelolaan Desa Wisata Bahari Berkelanjutan dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Syntax Admiration, 2(1). https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/168
Kotler. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 2. In Penerbit Erlangga.
Laura Therecia Samosir, I. G. A. O. M. (2020). Strategi Pemasaran Pantai Dream Island Di Mertasari Desa Intaran Sanur Kauh Kota Denpasar. JURNAL DESTINASI PARIWISATA, 8(2), 189–195. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2020.v08.i02.p04
Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja, I Putu Krisna Arta Widana, Putu Adi Suprapto, T. R. P. (2021). Developing Green Tourism-Based Model ofInformation Technology Utilization in Tourism Villages. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 5(2), 153–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31940/ijaste.v5i2.153-165
Santoso1, S., Pradipta2, S., Sumantono3, T., & Ari Ana Fatmawati4. (2021). pengembangan desa wisata berkonsep kapasitas. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 5(2), 71–85. http://ejournal.kemenparekraf.go.id/index.php/jki/article/download/204/56/794
Subekti, D. Y. dan S. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN BANDARA SOEKARNO HATTA DALAM MENDUKUNG DESTINASI PARIWISATA PRIORITAS TANJUNG LESUNG - PANDEGLANG DAN SEKITARNYA. Jurnal Transportasi Multimoda, 14(4), 177–192. https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/jurnalmtm/article/download/161/97
Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran (4th ed.).
Victoria Lelu Sabon1*, M. T. P. P., Koropit3, P. C. S., & Pierre4, W. C. D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada Asean Economic Community. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 163–176. https://smartlib.umri.ac.id/assets/uploads/files/095a5-5928-24074-1-pb.pdf