Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Keripik Ruky Ngudi Rejeki

Digital Marketing

  • Adhi Prakosa Universitas PGRI Yogyakarta
  • Anisatullabibah Marwa
  • Dyah Ayu Titisari
  • Vina Dwi Astuti
Keywords: digital marketing, social media, instagram, marketplace

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan peluang bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pemasarannya. Akan tetapi, masih banyak UMKM yang kesulitan untuk mengintegrasikan antara kegiatan pemasaran online dan offline. Untuk itu menjadi hal yang penting untuk menguasai pemasaran digital, baik melalui media sosial ataupun melalui saluran marketplace. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terutama media sosial bagi para pelaku bisnis UMKM agar dapat meningkatkan penjualan dan laba mereka. Pengabdian ini dihadiri oleh peserta UMKM di desa Trirenggo Bantul, dengan metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah seminar dan mentoring. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan beberapa pelaku usaha secara diharapkan mulai aktif menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka. UMKM Keripik Ruky Ngudi Rejeki menjadi contoh dalam mengembangkan integrasi antara pemasaran online dan offline, yaitu menghasilkan output untuk mengembangkan sosial media, marketplace, dan kegiatan bazaar.

Kata Kunci: digital marketing, sosial media, instagram, marketplace

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Umkm Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1).

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DUTACOM, 9(September), 43–54.

Anshori, M. F., & Nurohman, D. (2022). Efektivitas Penyediaan Internet Desa Untuk Peningkatan Promosi Umkm Di Temenggungan Udanawu Blitar, 1(9), 2245–2258.

Dewi, V. I., Iskandarsyah, T., Sulungbudi, B. M., Danil, L., Pratikna, R. N., & Kustedja, E. V. B. (2021). Program Pelatihan Sustaining Competitive And Responsible Enterprises Mendorong UMKM Bangkit Di Era Pandemi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 4–12.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA, 4(3), 702–714.

Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Jurnal Warta LPM, 24(3).

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM LPIP UMP, 3(1), 39–45.

Huda, M., & Prasetyo, A. (2020). Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Pada Umkm Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 8(2), 14–24.

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi. (2018). Efektivitas promosi melalui instagram pada umkm sektor makanan dan minuman di kota pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239–247.

Khasanah, N. (2020). Upaya Pemulihan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan pada Pengrajin Anyaman Pandan. Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 26–29.

Lokaria, E. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN NATA DE COCO DI KELURAHAN SUMBERHARTA, KECAMATAN SUMBERHARTA KABUPATAN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN. Jurnal Nauli, 1(3), 52-58

Permana, S. H. (2017). Strategy of Enhancement on the Small and Medium-Sized Enterprises (SMES) in Indonesia. Aspirasi, 8(1).

Prautami, I. (2022). Efektivitas Promosi melalui Media Sosial Instagram dan Facebook @Abouttng pada UMKM di Kota Tangerang. JKBM, 8(2), 153–164. http://doi.org/10.31289/jkbm.v8i2.6991

Puspitasari, N. P. D., Nabillah, A. D., Bahari, R., Caksono, N. D., & Mustika. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI, 2(2), 165–171.

Sari, R. T. P., & Rani, N. L. R. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Digital Marketing untuk Promosi pada Masa Pandemi Covid-19 di Petoss Mbok Sarinten Wonosobo. Komunikasiana, 3(2), 109–122.

Sudarsana, I. M., Trisdyani, N. L. P., & Komang Ary Pratiwi. (2021). Efektivitas Media Sosial Sebagai Promosi UMKM Di Era Pandemic Covid -19 Di Desa Batubulan Kabupaten Gianyar. Jurnal Sewaka Bhakti, 7(2), 104–112.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, Rudy, & Hasbiyah, W. (2020). The Role of Financial Management and Digital Marketing in UMKM Sales Increasing at Intermoda BSD City Modern Market During Covid-19 Pandemic. Humanis, 2(1), 20–27.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Training Of Marketing Homemade Product Through Social Media. JPPM LPIP UMP, 4(1), 1–5.

Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Tanjungpura, 195–206.

Wardani, E. E. (2022). Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Penguatan Manajemen & Pengembangan Sistem Keuangan Koperasi Sapto Argo Raharjo. Jurnal Nauli, 1(2), 12-16.

Published
2022-10-17