PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA PEGAWAI DI KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS

  • Nursiah Hasibuan
  • Emirza Henderlan Harahap
  • Tanti Endang Lestari
  • Zulham Efendi Harahap

Abstract

Abstraksi

Di era reformasi ini cukup banyak terdapat aparat pemerintah yang tidak professional dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai abdi rakyat dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang berkepentingan dalam surat menyurat maupun dalam hal apa saja yang menyangkut administrasi yang ada pada instansi tersebut sehingga sering terjadi kekecewaan dan ketidakpuasan terhadap hasil kerja yang dilakukan oleh pelayanan terhadap masyarakat tersebut

Dengan adanya penyusunan peralatan kantor pada letak serta pengaturan tempat yang menimbulkan kepuasan dalam bekerja, akan menghemat waktu dan tenaga secara lebih efisien. Hal ini tentunya membawa dampak positif dalam produktifitas kerja para pegawai. karena alat produktifitas dan teknologi merupakan hasil pengorbanan.

Pendapat yang menyebutkan bahwa pegawai faktor produksi yang paling penting dalam organisasi usaha tidak mungkin dibantah, karena secanggih apapun teknologi produksi yang dimiliki suatu organisasi tidak akan mungkin dapat berjalan tanpa menyatakan manusia didalamnya, setidaknya dalam mengoperasikan atau mengendalikan teknologi modern tersebut. Jadi dalam rangka penelitian produktifitas yang menyeluruh, tidak bisa tidak alokasi perhatian harus dimulai dan difokuskan pada peningkatan produktifitas tenaga kerja.

Sedangkan secara abstrak lingkungan kerja dalam organisasi menyangkut psikososial orang-orang dan faktor financial organisasi. Aktor lingkungan psikososial ini meliputi sikap pegawai terhadap kebutuhan, hal-hal yang menyangkut dengan hubungan sosial pegawai dengan rekan sekerja dan dengan pimpinan. Faktor financial meliputi gaji/upah, jaminan sosial, termasuk kesehatan dan lain sebagainya.

 

Kata Kunci: Lingkungan Kerja dan Produktivitas Kerja

Published
2022-08-24