UPAYA KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM PEMBINAAN KELURAHAN DI KECAMATAN ULU BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS

  • Nursiah Hasibuan
  • Emirza Henderlan Harahap
  • Tanti Endang Lestari
  • Sarip Parmohonan

Abstract

Abstraksi

Kepegawaian daerah merupakan suatu kesatuan jaringan birokrasi dalam kepegawaian nasional. Dalam system kepegawaian secara nasional pegawai negeri sipil memiliki posisi penting untuk menyelenggarakan pemerintahan dan difungsikan sebagai alat pemersatu bangsa. Pemerintah daerah mempunyai kewenangan untuk membuat suatu system administrasi atau pengelolaan kepegawaian yang sesuai dengan kebutuhan daerah pada waktu tertentu.

Administrasi pegawai negeri sipil diarahkan untuk menjamin penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan secara berdaya guna dan berhasil guna. Untuk mewujudkan penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan diperlukan pegawai negeri sipil yang dilaksanakan berdasarkan system prestasi kinerja dan system karier yang dititik beratkan pada system prestasi kerja.

Kepemimpinan mempunyai peranan sentral dalam kehidupan organisasi maupun berkelompok. Untuk mencapai tujuan bersama, manusia di dalam organisasi perlu membina kebersamaan dengan mengikuti pengendalian dari pemimpinnya. Dengan pengendalian tersebut, perbedaan keinginan, kehendak, kemauan, perasaan, kebutuhan dan lain-lain dipertemukan untuk digerakkan kearah yang sama.

Adapun tujuan dalam penelitian penyusunan  skripsi ini adalah upaya yang penulis lakukan di lapangan untuk merumuskan sekaligus memecahkan permasalahan – permasalahan yang dihadapi. Khususnya yang berkaitan tentang upaya kepemimpinan Camat dalam pembinaan kelurahan di Kantor Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas dalam mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan

Secara umum dibawah ini akan dikemukakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengadakan pembinaan Lurah yaitu antara lain:

  1. Pemberian jaminan terhadap kebutuhan dan keinginan para Lurah dan pegawainya.
  2. Memberikan suasana kerja yang baik antara pihak pimpinan dengan bawahan dan sesama pegawai di kelurahan tersebut.

 Kata Kunci: Kepemimpinan dan Pembinaan Kelurahan

Published
2022-08-24