PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA BARAT TAHUN PELAJARAN 2020–2021

  • Fita Delia Gultom
Keywords: penerapan model pembelajaran PBL, menulis teks ulasan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengaruh penerapan model pembelajaran PBL (problem based learning) terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pelajaran 2020-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Barat dengan jumlah 119 siswa. Sedangkan sampel yang diambil secara random sampling (acak) sebanyak 30% dari 119 orang menjadi 35 orang siswa/sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One grup pre-test post-test Design yang hanya dilakukan pada satu kelas (kelompok) saja. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”

Berdasarkan pengolahan data dan analisis data, diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks ulasan siswa sebelum menggunakan model pembelajaran PBL (pre-test) sebesar 66,42 dan setelah menggunakan model pembelajaran PBL nilai rata-rata siswa (post-test) menjadi 79,42. Pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran PBL dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan.

Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 10,74 setelah thitung diperoleh, selanjutnya dikondultasikan dengan tabel “t” pada taraf signifikan 5% dan dk = (N-1) = (35-1)=4. Pada tabel “t” pada taraf signifikan 5% = 2,03 oleh karena itu thitung yang diperoleh lebih besar dar ttabel, yaitu 10,74 > 2,03 maka Hipotesis Alternatif (Ha) dapat diterima.

Berdasarkan hasil analisi hipotesis maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat penagaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Barat Tahun pelajaran 2020-2021

Published
2021-06-24