ANALISIS PENGARUH SERVQUAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) DOSNITAHI PINANG SORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH

  • Nurdelila SE,MM
Keywords: Servqual,, Keputusan Penggunaan Jasa Simpan Pinjam

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan masalah utama adalah apakah faktor Servqual (Kualitas Jasa) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa simpan pinjam pada Koperasi Kredit (Credit Union) Dosnitahi Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Berdasarkan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor Servqual terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Simpan Pinjam pada Koperasi Kredit (Credit Union) Dosnitahi Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah.

Populasi dan sampel penelitian ini adalah anggota Koperasi Kredit (Credit Union) Dosnitahi Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah yang berjumlah 99 orang. Untuk mendapatkan data yang diperlukan maka digunakan teknik dokumentasi dan angket sebagai sumber data. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi Pearson’s Product Moment.

Hasil analisis data dengan teknik korelasi product moment  diperoleh nilai korelasi sebesar 0,722 sedangkan nilai korelasi  dalam tabel product moment  ( r tabel ) dengan nilai  N = 99 adalah sebesar 0,196. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis  yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya dan mempunyai pengaruh yang  signifikan  sebab nilai korelasi lebih besar dari nilai tabel product moment (rtabel)

Variabel faktor servqual  mempengaruhi variabel keputusan penggunaan jasa koperasi  sebesar 52,1% sedang sisanya sebesar 47,9% dijelaskan oleh faktor variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Published
2021-06-24