PENGARUH PENJUALAN USAHA GULA AREN TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BATANGTURA SIRUMAMBE KABUPATEN TAPANULI SELATAN

  • Nirmala Haty Harahap
Keywords: Penjualan Usaha Gula Aren, Pendapatan Masyarakat

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan usaha gula aren terhadap pendapatan masyarakat di Kelurahan Batangtura Sirumambe Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sampel dalam penelitian sebanyak 45 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Regresi Linier Sederhana dengan Konstanta 2,752 menyatakan bahwa saat variabel penjualan gula aren bernilai Konstan (tetap), maka nilai pendapatan masyarakat adalah 2,752 yang artinya dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif.

Berdasarkan kuisioner yang disebarkan diketahui untuk variabel penjualan usaha gula aren dengan nilai thitungĀ  sebesar 9,009 > ttabel 1,68 dan nilai signifikansisebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan penjualan usaha gula aren memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan masyarakat.

Uji determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,654 (kuat) yang artinya bahwa 65,4% variabel penjualan usaha gula aren dapat secara simultan menjelaskan variabel pendapatan masyarakat sedangkan sisanya sebesar 34,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti.

Published
2021-06-24