PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2019-2020

  • Andi Saputra Mandopa, M.Pd
Keywords: pola asuh orangtua, hasil belajar matematika siswa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:Pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019-2020

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang kuantitatif  yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 114 siswa dengan sampel 30 siswa yang diambil berdasarkan cluster random sampling. Data yang yangdiperlukan diperoleh melalui instrumen angket tertutup dan tes hasil belajar matematika siswa dalam bentuk tes objektif.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial, uji t, dan koefisien determinasi.

Dari analisis data untuk  pola asuh orangtua diperoleh bahwa 30 siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan memiliki nilai rata-rata pola asuh sebesar 66,36. Dimana pola asuh orangtua masih dibedakan menjadi 3 yakni pola asuh otoriter berada dalam kategori tinggi 67,27% , pola asuh permisif berada dalam kategori tinggi 69,35% , pola asuh demokratis berada dalam kategori tinggi 62,41%. Maka dapat disimulkan bahwa dari ketiga pola asuh tersebut siswa lebih berada pada pola asuh permisif sebesar 69,35%.

Selain itu dalam uji signifikansi korelasi diperoleh nilai variabel pola asuh orangtua dan hasil belajar matematika siswa yaitu 0,634.  bernilai positif. dengan  dan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,361. Dengan demikian terbukti bahwa  lebih besar dari  (0,634 > 0,361) dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh  antara variabel pola asuh orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa. Dan diperoleh sumbangan koefisien determinasi  sebesar 23,07% yang berarti bahwa  pola asuh orangtua cukup berpengaruh sebesar 23,07% terhadap hasil belajar matematika.

Published
2021-06-24