PENGARUH FAKTOR-FAKTOR SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK PADA PT KARYA UTAMA JAYA PADANGSIDIMPUAN

  • Diana Sari Harahap
Keywords: Pertimbangan Pasar, Pertimbangan Perantara, Penjualan Produk

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Faktor-Faktor Saluran Distribusi terhadap Penjualan Produk Pada PT Karya Utama Jaya Padangsidimpuan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Faktor-Faktor Saluran Distribusi terhadap Penjualan Produk Pada PT Karya Utama Jaya Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Dari hasil analisis data dengan bantuan komputer program SPSS diperoleh thitung sebesar = 2,714, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 50-3 adalah 1,678. Sehingga dapat disimpulkan karena thitung > ttabel (2,714 > 1,678), maka H1 diterima. Artinya Pertimbangan Pasar berpengaruh positif terhadap Penjualan Produk. Artinya terjadinya penurunan dan peningkatan Penjualan Produk bisa ditentukan oleh Pertimbangan Pasar, apabila Pertimbangan Pasar meningkat maka akan mempengaruhi Penjualan Produk Pada PT Karya Utama Jaya Padangsidimpuan. Dari hasil analisis data dengan bantuan komputer program SPSS diperoleh thitung sebesar = 1,733, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 50-3 adalah 1,678. Kesimpulan yang diambil adalah karena thitung > ttabel (1,733 > 1,678), maka H2 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dari Pertimbangan Perantara Terhadap Penjualan Produk. Artinya tinggi rendahnya Penjualan Produk Pada PT Karya Utama Jaya Padangsidimpuan dapat ditentukan oleh Pertimbangan Perantara. Berdasarkan perhitungan statistic dengan program SPSS diketahui F hitung = 21,523 dan F tabel = 2,76, jadi F hitung > F tabel, artinya secara bersamaan Pertimbangan Pasar (X1) dan Pertimbangan Perantara (X2) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap Penjualan Produk Pada PT Karya Utama Jaya Padangsidimpuan. Hasil uji memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar = 0,456. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa (Pertimbangan Pasar dan Pertimbangan Perantara) mampu meningkatkan Penjualan Produk Pada PT Karya Utama Jaya Padangsidimpuan sebesar 45,6%, sedangkan 54,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Published
2020-12-15