MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA TERHADAP PERAN INDONESIA DALAM HUBUNGAN INTERNASIONAL MELALUI TEAM ASSISTED INDIVUDALY DI KELAS XII-MIA-2 SMA NEGERI 2 TUKKA T.P. 2019/2020

  • Sudirman Sudirman
Keywords: Kompetensi Siswa, Team Assisted Individualy.

Abstract

Abstrak

Melalui penelitian ini penulis berupaya melakukan perbaikan mutu  mengajar di kelas untuk meningkatkan  kompetensi   siswa dalam  memahami konsep dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional  mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pembelajaran konvensional yang menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centered), saat ini kurang efektif, karena kelas dikuasai oleh guru dan siswa menjadi pasif yang memberikan pengaruh terhadap tingkat kompetensi siswa. Keadaan demikian memotivasi  penulis  melakukan penelitian untuk mengatasi rendahnya kompetensi  siswa.

Penulis menggunakan  model Team Assisted Individualy (TAI) sebagai alternatif untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar pengaruh model   TAI  pada materi peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional di kelas  XII-MIA-2  SMA Negeri  2 Tukka  tahun pelajaran 2019/2020 semester genap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model TAI  dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa sebesar : 37.93%

            Akhirnya penulis  menyimpulkan bahwa model  Pembelajaran  Team Assisted Individualy  bermanfaat sebagai model  pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kompetensi  belajar siswa, terutama materi peran Indonesia dalam hubungan Internasional, mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

 

Published
2020-12-15