MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA TERHADAP PERAN INDONESIA DALAM HUBUNGAN INTERNASIONAL MELALUI TEAM ASSISTED INDIVUDALY DI KELAS XII-MIA-2 SMA NEGERI 2 TUKKA T.P. 2019/2020
Abstract
Abstrak
Melalui penelitian ini penulis berupaya melakukan perbaikan mutu mengajar di kelas untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami konsep dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pembelajaran konvensional yang menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centered), saat ini kurang efektif, karena kelas dikuasai oleh guru dan siswa menjadi pasif yang memberikan pengaruh terhadap tingkat kompetensi siswa. Keadaan demikian memotivasi penulis melakukan penelitian untuk mengatasi rendahnya kompetensi siswa.
Penulis menggunakan model Team Assisted Individualy (TAI) sebagai alternatif untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar pengaruh model TAI pada materi peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional di kelas XII-MIA-2 SMA Negeri 2 Tukka tahun pelajaran 2019/2020 semester genap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model TAI dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa sebesar : 37.93%
Akhirnya penulis menyimpulkan bahwa model Pembelajaran Team Assisted Individualy bermanfaat sebagai model pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa, terutama materi peran Indonesia dalam hubungan Internasional, mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.