TINJAUAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT (STUDI UPT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN TAPANULI SELATAN)

  • Edi Epron Sihombing
Keywords: Kinerja Pegawai, Pelayanan

Abstract

ABSTRAK

Rumah Sakit dapat mengetahui kinerja pelayanan dari para pasien melalui umpan balik yang diberikan pasien kepada RS tersebut sehingga dapat menjadi masukan untuk peningkatan kinerja pelayanan. Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah (UPT RSUD) Kabupaten Tapanuli Selatan adalah salah satu Rumah Sakit pemerintah di Kabupaten Tapanuli Selatan. Kinerja pelayanan pada UPT Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan selama ini dinilai belum sesuai dengan keinginan masyarakat karena masih seringnya terdengar keluhan pasien maupun keluarganya dimana masih seringnya pegawai Rumah Sakit yang lambat dalam memberikan pelayanan, pasien sering menunggu lama untuk mendapatkan giliran dilayanani oleh pegawai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pelayanan UPT Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan dilihat dari segi Kuantitas, Kualitas, dan Ketepatan Waktu Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana dalam penelitian ini dilakukan hanya bersifat deskriptif yang memberikan gambaran tentang permasalahan yang akan diteliti dalam bentuk angka-angka. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 pasien (36%) dari jumlah populasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja pelayanan UPT RSUD Kabupaten Tapanuli Selatan dari segi kuantitas sudah bagus dimana program kerja dan kegiatan semuanya dapat terealisasi dengan baik; 2) Pasien merasa puas atas kebersihan, ketersediaan peralatan medis, dan ketersediaan obat; 3) Pasien merasa puas atas perlakuan dokter, perawat, waktu antrian di ruang administrasi, lama waktu berada di ruang periksa, dan lama waktu pelayanan; 4) Pasien merasa puas atas cara petugas dan perawat dalam memberikan bantuan walaupun tidak diminta, perawat memberikan penjelasan tentang prosedur pengobatan dengan jelas; 5) Pasien merasa puas atas rasa aman saat dokter melakukan tindakan medis, petugas teliti dalam memberikan obat kepada pasien, petugas menjelaskan cara mengkonsumsi obat-obatan dengan jelas; 6) Pasien merasa puas atas sikap sabar petugas saat memberikan pelayanan kesehatan, petugas bertutur kata yang sopan; 7) Pegawai dapat menyelesaiakan pekerjaan tepat pada waktunya.

Published
2020-06-09